Pengaruh Kondisi Keruangan Indonesian terhadap Aktivitas Penduduk Indonesia

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Pengaruh Kondisi Keruangan Indonesian terhadap Aktivitas Penduduk Indonesia

Kondisi keruangan suatu wilayah akan memengaruhi aktivitas penduduknya. Sikap tersebut merupakan bentukadaptasi masyarakat terhadap lingkungan sekitar. Dengan demikian, kondisi keruangan wilayah memengaruhi potensi fisik wilayah tersebut.

 Pengaruh Gunung dan Pegunungan, Pengaruh Bukit cdan Perbukitan, Pengaruh Dataran Tinggi


a. Pengaruh Gunung dan Pegunungan
Tanahdi daerah gunung dan pegunungan umumnya subur dan memiliki hawa sejuk. Tanah di daerah pegunungan cocok untuk budi daya tanaman pertanian seperti buah-buahan, tanaman hias, dan sayuran. Potensi lain adalah untuk objek wisata. Udara dingin. di daerah pegunungan menyebabkan rumah memiliki ciri tertutupdengan sedikit ventilasi. Pakaian yang dikenakan umumnya berbahan
tebal. Jenis transportasi yang berkembang didaerah gunung dan pegunungan jumlahnya terbatas.

b. Pengaruh Bukit cdan Perbukitan
Kegiatan ekonomi penduduk di daerah perbukitan umumnya berupa pengembangan tanaman hias dan pariwisata. Bentuk rumah dan jenis pakaian penduduk di daerah perbukitan tidak jauh berbeda dengan bentuk rumah dan jenis pakaian penduduk di pegunungan. Pembangunan jaringan jalan di
daerah perbukitan terhambat oleh kondisi fisik yang bergelombang.

c. Pengaruh Dataran Tinggi
Dataran tinggi memiliki udara sejuk sehingga lahannya sesuai untukaktivitas perkebunan seperti sayuran, buah-buahan, tanaman hias, teh, kina, tembakau, dan kopi. Selain itu, dataran tinggi dapat dimanfaatkan untuk lokasi pembangunan vila. Pembangunan jalan di dataran tinggi membutuhkan biaya mahal sehingga jumlah jaringan jalan tidak sebanyakdi daerah dataran rendah. Bentuk rumah di daerah dataran tinggi beratap pendek dan tidak memiliki banyak jendela atau ventilasi. Masyarakat dataran tinggi mengenakan pakaian tertutup dan tebal untuk beradaptasi dengan suhu udara dingin pada malam hari.

d. Pengaruh Dataran Rendah
Dataran rendah memiliki jenis tanah subur yang sesuai untuk aktivitas pertanian' dan petemakan. Oleh karena udaranyapanas, rumah ci dataran rendah memiliki banyak ventilasi. Pakaian yang dikenakan terbuat dari bahan tipis. Pengembangan jaringan jalan mudah dilakukan karena reliefnya datar. 

e. Pengaruh Sungai dan Daerah Aliran Sungai (DAS)
Di aliran sungai umumnya tanah subur karena pengaruh pengendapanmaterial yang dibawa aliran sungai. Dataran banjir yang terbentuk di tepi sungai dimanfaatkan sebagai lahan pertanian dan perikanan. Sungai-sungai besardi Kalimantan dimanfaat kan sebagai sarana transportasi air.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Pengaruh Kondisi Keruangan Indonesian terhadap Aktivitas Penduduk Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel