Kondisi Ikilm Indonesia

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Kondisi Ikilm Indonesia

Letak lintang suatu wilayah menentukan kondisi kim dan cuaca. Kondisi ini terkalit dengan intensitas penyinaran matahari dan curah hujan. Berdasarkan letak lintangnya, Indonesia berada di wilayah tropis dan dilalui garis ekuator atau khatulistiwa. Kondisi tersebut menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis.

a. Keunggulan iklim Indonesia
Iklim tropis menyebabkan Indonesia memiliki karakteristik khas sebagai berikut.

1. Temperatur atau suhu udara sekitar 26-28C
2. Memiliki curah hujan yang tinggi
3. TErjadi hujan zenithal ayau hujan naik ekuator
4. Terjadi pelapukan batuan secara cepat.
5. Terdapat keaneragaman hayati.
6. Muncul gejala sosial khas yang dipengaruhi adaptasi penduduk terhadap iklim.

b. Tipe Iklim di Indonesia
Berdasarkan karakteristik wilayah, keadaan iklim di Indonesia diklasifikasikan menjadi iklim musim, iklim laut, dan iklim panas. Deskripsi mengenai ketiga jenis iklim tersebut sebagai berikut.

Angin Monsum Barat, Angin Muson Timur


1) lklim Musim
lklim musim di Indonesia dipengaruhi gerakan angin monsun. Sesuai gerakan angin monsun iklim
musim dilndonesia berubah setiap enam bulan sekli. Angin monsun adalah angin periodik yang terjadi akibat perbedaan tekanan udara antara samudra dan benua. klim tropis menyebabkan Indonesiamemilii dua musinm. Perubahan musim di Indonesia dipengaruhi pergerakan angin monsun.

a. Angin Monsum Barat
Posisi matahari pada bulan Oktober-April berada di belahan bumi selatan. Kondisi ini menyebabkan wilayah di benua Australia memiliki suhu tinggi dan tekanan udara rendah. Sementara itu, kawasan Benua Asia dan perairan Samudra Pasifik memiliki suhu rendah dan tekanan udara tinggi. Perbedaan tekanan udara tersebut menyebabkan angin bergerak dari daerah bertekanan udara tinggi Benua Asia menuju daerah bertekanan udara rendah (Benuat Australia). Angin bergerak melalui wilayah Indonesia yang disebut angin monsun barat. Pergerakan angin melalui samudra luas membawa banyak uap air. Angin monsun barat memyebabkan musim hujan di sebagian besar wilayah Indonesia.

b. Angin Muson Timur
Posisi matahari pada bulan Mei-September berada di belahan bumi selatan. Kondisi ini memungkinkankan wilayah di Benua Asia dan sekitarnya memiliki tekanan udara lebih rendah dibandingkan Australia Perbedaan tekanan udara tersebut menyebabkan pergerakan angin muson dari Australia menuju Asia melewati lndonesia. Angin ini melewati Indonesia seolah dari timur sehingga disebut angin monsun timur. Pergerakan angin monsun timur mengandung sedikit uap air sehingga menyebabkan musim kemarau di ndonesia.

2. Iklim Laut
Ikim laut di Indonesia dipengaruhi kondisl wilayah berupa negara kepulauan. Samudra dan lautan yang mengeliling Indonesia mmpercepat proees penguapan. Proses penguapan menyebabkan kelembapan udara di Indonesla sangat tinggi sehingga Indonesia potensi memiliki curah hujan tinggi sepanjang tahun.

klim Panas


3. klim Panas
lklir panas dilnconesia dipengaruhi letaknya di daerah dekat ekuator atau kawasan tropis. Daerah dekat ekuator seperti Indonesia menerima penyinaran matahari tinggi sepanjang tahun. Penyinanan mataharimempercepat pros penguapan di Indonesia. Penguapan yang tinggi memengaruhi tingginya curah hujan di Indonesia.

Karakteristlk iklim indonesia menyebabkan curah hujan di Indonesia relatif tinggi. Tingkat curah hujan yang tinggi didukung penyinaran matahari sepanjang tahun menyebabkan Indonesia cocok dikembangkan untuk kegiatan pertanian. Ketika musim hujan petani Incionesia menanam tanaman
yang membutuhkan banyak air seperti padi. Pada musim hujan nelayan Indonesia mengurangi kegiatan melautnya karena cuaca buruk dan gelombang besar. Pada musim kemarau petani Indonesia menanam tanaman palawja yang tidak terlalu membutuhkan air dalam jumlah banyak. Pada musim ini kegiatan melaut nelayan lndonesia lebih dintensifkan.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Kondisi Ikilm Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel