Kondisi Fisik dan Sosial lndonesia

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Kondisi Fisik dan Sosial lndonesia
Wilayah Indonesia terdiri atas ribuan pulau. Kondisi ini menyebabkan tndonesia memilik kenampakan fisik yang beragam. Tiap-tiap daerah di Indonesia memiliki karakteristik khas yang tidak
dimiliki daerah lain. Karakteristik wilayah memengarhi aktivitas masyarakat yang tinggai di daerah tersebut. Keragaman ini merupakan kekayaan alam dan sosial Indonesia yang patut disyukuri.

Posisi Geografis, Letak Geografis, dan Letak Geologis Indonesia


1. Posisi Geografis, Letak Geografis, dan Letak Geologis Indonesia
Letak suatu wilayah berkaitan dengan posisi dan lokasinya di permukaanbumi. Suatu wilayah dapat dikenali dari posisi geografis, letak geografis, dan letak geologis.

a. Posisl Geografis
Posisi geografls suatu wilayah di permukaan bumi didasarkan pada garis lintang dan garis bujur. Berdasarkan posisi geografis, tndonesia terietak pada 6° LU 11°LS dan 95° BT-141° BT. Posisi ini menyebabkan Indonesia berada pada lintang rendah sehingga termasuk kawasan tropis. Selain itu Indenesia dilalká garis khatulistiwa. Posisi geogratis indonesia meengaruhi keadaan alamnya. Pengaruh tersebut dapat dilihat dari pergantian musim, jenis vegetasi, pambagian daerah waktu, dan pergerakan angin

b. Letak Geografis
Letak geogratis adalah letak suatu tempat dilihat dari permukaan bumi di sakitarnya. Secara geografis lndonesia terelakdi anlara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australa sera dua samudra yaiîtu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Wilayah lndonesia juga berbatasan dengan sejumlah negara, baik wilayah daratan maupun samudra. Batas-batas wilayah Indonesia sebagai berikut.

1. Batas sebeah utara adalah Malaysia, Singapura, Filipina, dan Laut Cina Selatan
2. Batas sebelah selatan adalah Australia, Timor Leste, dan Samudra Hindia.
3. Batas sebelah barat adalah Samudra Hindia
4. Batas sebeleh timur adalah Papua Nugini dan Samudra Pasifik

Letak tersebut memberikan keuntungan bagi Indonesia. Letak georafis Indonesia menyebabkan wilayah Indonesia berada pada jalur perdagangan antarnegara. indonesia menjadi tempat transit kapal dagang dari negara-negara yang teribat perdagangan antar negara. Hubungan dagang ini berpengaruh pada perkembangan ekonomi Indonesia Letak geogratis juga berpengaruh pada kehidupan sosial dan budaya.

Letak Geologis
Letak geologis merupakan letak suatu wilayah berdasarkan kondisi dan sejarah geologis yang membentuk susunan batuan di wilayah tersebut. Dilihat dari letak geologis, wilayah Indonesia berada di rangkaian jałur. Pegunungan Muda Sirkum Pasifik dan Mediterania, serta di pertemuan tiga lempeng tektonik yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik. Indonesia bagian timur terletak di Dangkalan Sahul dan Indonesia bagian barat terletak di Dangkalan Sunda.

Letak Indonesia yang berada di pertemuan tiga lempeng tektonik menyebabkan Indonesias ering mengalami gempa tektonik. Indonesia juga dilalui jalur Pegunungan Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Deretan pegunungan ini menyebabkan Indonesia menjadi daerah rawan bencana gunung meletus. Saat gunungapi akan meletus, muncul gejala alam gempa vulkanik. Dampak positif kebera,dan gunung api di Indonesia yaitu wilayah Indonesia memiliki tanah yang relatif subur.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Kondisi Fisik dan Sosial lndonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel