Komponen Peta

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Komponen Peta 
Komponen peta berfungsi memudahkan pengguna dalam membaca dan memahami informasi dari peta. Informasi keruangan dari pembuat peta disampaikan melalui komponen-komponen peta. Komponen peta sebagai berikut.
a. Judul, memberikan gambaran umum mengenai isi peta.

b. Skala, menunjukkan perbandingan ukuran objek sesungguhnya dengan ukuran pada peta.

c. Tanda orientasi menunjukkan arah mata angin. Arah utara berada di bagian atas peta.

d. Simbol merupakan tanda pada peta untuk mewakili suatu keniampakan objek sebenarnya. Simbol digambarkan secara seimbang terhadap ruang baca peta. Penyajian simbol juga harus tepat untuk menghindari salah tafsir bagi pembaca peta. Berdasarkan bentuknya simbol peta dibedakan sebagai
berikut.

Komponen Peta


1. Simbol titik, yaitu simbol untuk menyatakan posisi atau lokasi suatu tempat. Simbol titik dapat berupa simbol piktorial (gambar), geometrik, dan hurut. Simbol piktorial menggambarkan kenampakan geografis yang mirip dengan bentuk sebenarnya. Contohnya lokasi restoran disimbolkan dengan gambarsendok dan garpu. Simbol geometrik digambarkan dengan bangun geometrik seperti
lingkaran, segitiga, dan persegi panjang. Simbol huruf menggunakan huruf untuk nama lokasí.

2. Simbol garis, yaitu simbol untuk menggambarkan kenampakan memanjang seperti batas administrasi, rel kereta api, jalan, dan sungai.

3. Simbol luasan, yaitu simbol untuk menunjukkan a area tertentu seperti hutan, pemukiman, dan danau.

e. Garis koordinat, terdiri atas garis lintang dan garis bujur. Garis koordinat berfungsi untuk menentukan posisi geogratis suatu tempat dipeta. Beberapa i istilah penting tentang garis koordinat sebagai berikut.

1. Khatulistiwa atau ekuator, yaitu garis lintang 0° dan membagi bumi menjadi dua bagian yaitu belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Garis-garis lintang di belahan bumi uiara dinamakan Lintang Utara (LU) dan garis-garis di belahan bumi selatan dinamakan Lintang Selatan(LS)

2. Bujur Timur (BT), yaitu garis bujur dari Kota Greenwhich ke arah timur (0° BT-180° BT).

3. Bujur Barat (BB), adalah garis bujur dari Kota Greenwhich ke arah barat (0° BB-180° BB).

4. Lingkaran Arktik, adalah garis lintang 66,5° LU. Wilayah di lintang 66,5° LU-90° LU mengalami fenomena malam selama enam bulan berturut-turut. Fenomena ini terjadi ketika Matahari berada dibelahan bumi selatan (23,5° LS). Selain itu, terjadi pula fenomena siang selama enam bulan berturut-turut ketika Matahari berada di belahan bumi utara (23,5° LU).

5. Lingkaran Antartka, yaitu garis 66,5 LS. Wilayah yang berada lintang 66,5° LS-90°LS juga mengalami fenomena malam dan siang seperti di lingkaran Arktik. Ketika lingkaran Antartika mengalami malam selama enam bulan berturut-turut, lingkaran Arktik mengalami siang selama enam bulan berturut-turut. Begitu pula, saat terjadi fenomena pada waktu sebaliknya.

f. Inset merupakan gambar peta yang memper jelas wilayah secara khusus. Inset memper jelas posisi atau memberikan keterangan tambahan pada wilayah tersebut.

g. Legenda menunjukkan kumpulan keterangan simbol pada peta.

h. Sumber peta menunjukkan sumber data dalam pembuatan peta. lnformasi ini mendukung keakuratan dan waktu keterkinian data pada peta.

i. Garis tepi berfungsi membatasi kenampakan wilayah yang dipetakan. Keterangan terkait angka-angka koordinat pada garis lintang dan bujur juga bersandingan dengan garis tepi.

j. Lettering adalah keterangan kenampakan pada peta berupa tulisan. Contoh penyajian komponenini yaitu pada nama tempal, nama sungai, dan nama gunung.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Komponen Peta "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel