Bentuk Muka Bumi Daratan

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Bentuk Muka Bumi
Jika dianati, kondisi fisik muka bumi tidak rata. Ketinggian dan kemiringan permukaan bumi berbeda-deda. Secara umum berbagai kenampakan di permukaan bumi dibedakan menjadi bentukmuka bumi daratan dan bentuk muka bumi perairan.

Bentuk Muka Bumi Daratan
Daratan adalah bagian permukaan bumi sebagai tempat tinggal manusia. Bentuk muka bumi daratan bervariasi. Variasi bentuk pemukaan bumi membentuk relief. Bentuk daratan muka bumi sebagai berikut.

1. Gumung
Gunung adalah bentuk muka bumi yang menjulang dengan ketinggian isbihdari 600 mdpl. Gunung memiliki bentuk kerucut atau kubah dan berlereng Curam.

Bentuk Muka Bumi Daratan


2. Pegunungan
Pegunungan adalahderetan gunung yang saling bersa sebenarnya merupakan lipatan dan
tonjolan lapisan kerak pungan. Pegunungan

3. Bukit dan Perbukiten
Bukit merupakan wilayah bentang alam yang memiliki permukaan tanah lebih tinggi daripada permukaan tanah di sekitarnya. Bentuk bukit menyerupai gunung, tetapi ├║kurannya lebih kecil. Ketinggian bukit di bawah gunung sekira 200-300 mdpl.

4. Dataran Tinggi
Dataran tinggi atau plato (plateau) merupakan dataran luas yang relatif rata pada ketinggian iebih dari 400 m dpl. Datarantinggi memiki lereng curam di bagian pinggir yang memisahkan dari daerah sekitarnya.

5. Dataran Rendah
Dataran rendah bersifat luas dan rata. Dataran rendah terhampar mulai batas permukaan laut hingga ketinggian 200 mdpl. Dataran rendah memiliki morfologi rata dan jenis tanah subur dari


pengendapan aliran sungai. Dataran rendah di Indonesia antara lain terdapat di wilayah pantai timur Sumatra, pantai utara Jawa, dan pantai selatan Kalimantan.

6. Pantal
Pantai adalah bataswilayah daratan dan laut. Pantai satu dan pantai lainnya memiliki bentuk berbeda. Bentuk pantai dipengaruhi aktivitas erosi, pengangkutan, dan sedimentasi oleh gelombang, arus, serta angin yang berlangsung secara terus-menerus. ;

7. Lembah
Lembah adalah cekungan di permukaan bumi. Lembah dapat terbentuk dari hasil pengikisan bagian gunung oleh aliran sungai. Lembah yang sangat dalam akibat pengikisan terus-menerus disebut ngarai.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Bentuk Muka Bumi Daratan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel