Upaya Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Upaya Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Kesadaran yang kuat di kalangan masyarakat Indonesia telah membulatkan tekad mereka untuk
mewujudkannya dalam gerakan kebangsaan bermula dar imasa kebangkitan nasional, momentum Sumpah Pemuda, sampai pada proklamasi

kemerdekaan Republik indonesia


kemerdekaan Republik indonesia
Kebangkitan Nasional Kebangkitan nasional adalah masa bangkitnya rasa serta semangat persatuan
dan kesatuan dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Kebangkitan nasional Indonesiai didorong oleh berbagai faktor, baik faktor dari dalam negeri maupun luar negeri sebagai berikut.
1) Masyarakat indones semakin terpelajar.

2) Penderitaan rakyat indonesia samakin memuncak sebagai akibat penjajahan.

3) Meningkatnya semangat ingin merdeka.

4) Meningkatkan kesadaran untuk bersatu dan borganisasi.

5) Kemenangan Jepang atas Rusia dalam perang pada 1905. Kemenangan Jepang atas Rusia membuat bangsa-bangsa Asia yakni bahwa bangsa Barat dikalahkan oleh bangsa Asia.

6) Timbulnya gerakan Turki Modern yang membawa pembaruan.

Kebangkitan nasional Indonesia ditandai dengan lahirnya Noedi Oetomo pada 20 Mei 1908. Setelah itu, munculnya oerganisasi-organisasi pergerakan nasional seperti Serakat Dagang Islam (1911), Indische partij (1912), dan Partai Nasional Indonesia (1927). Puncak kesadaran nasional adalah lahirnya Sumpah Pemuda  pada 1928.

Proklamas Kemerdekaan


Sumpah Pemuda
Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 merupakan ikrar para pemuda yang menyatakan satu kesatuan sebagai bagian dari bangsa Indonesia. Bunyi ikrar Sumpah Pemuda sebagai berikut.

1. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia.

2. Kami putra dan putri indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

3. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Sumpah Pemuda merupakan satu bentuk kesepakatan di kalangan bangsa Indonesia, khususnya para pemuda untuk menjadikan momentum tersebut sebagai sarana memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Keberagaman yang ada menjadi pemersatu bangsa. Tekad yang kuat di kalangan para pemuda membuahkan hasil maksimal dengan diproklamasikannya kemerdekaan Republik Indonesia.

Proklamas Kemerdekaan
Kemerdekaan Republik Indonesia diproklamasikan pada 17 Agustus 1945 oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nanma bangsa lndonesia. Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan awai kebangkitan bangsa dan negara Indonesia sebagai bangsa dan negara merdeka. Kemerdekaan
yang telah diperoleh bangsa lndonesia pada saat itu dimanfaatkan secara cepat untuk mempersiapkan pemerintahan indonesia. Semangat persatuan dan kesatuan begitu terasa terutama pada saat proses persiapan perumusan dasar negara dan hukum dasar negara.

Kerja sama antargolongan begituterasa. Mereka bersatu padu dalammempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan setelah Indonesia merdeka. Melalui semangat persatuan dan kesatuan Indonesia kita sebagai generasi penerus bangsa dapat mengisi kemerdekaan serta melanjutkan pembangunan menuju masyarakat yang adil dan makmur.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Upaya Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel