Sikap Positif dalam Pelaksanaan Demokrasi

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Sikap Positif dalam Pelaksanaan Demokrasi
Demokrasi akan n tegak apabila didukung oleh perilaku warga negara yang demokratis, Demikian pula demokrasi suatu negara hanya akan tumbuh subur apabila dijaga oleh warga negara yang demokratis. Warga negara yang demokratis bukan hanya dapat menikmati kebebasan individu tetapi juga mampu memikul tanggung jawab secara bersama-sama dengan orang lain untuk membentuk masa depan yang cerah. Warga negara perlu menunjukkan perilaku yang demokratis itu perilaku yang dapat mendukung tegaknya prinsip-prinsip demokrasi. Perilaku demokratis warga negára merupakan cerminan adanya kepribadian yang demokratis. Menurut Rusli Karim, ciri-ciri sikap positif terhadap demokrasi yaitu sebagai berikut.

Sikap Positif dalam Pelaksanaan Demokrasi


Inisiatif
nisiatif mertupakan sikąp yang selalu berusaha memprakarsai atau mendorong diri sendiri untuk menemukan inovasi yang baru.

Disposisi
Disposisi adalah kemampuanuntuk menyesuaikandiriterhadapkehidupan lingkungan di sekitarnya.

Toleransi
Wujud toleransi dalam kegiatan sehari-hari tercermin oleh sikap yang menghargai dan menghormati perbedaan, tidak memaksakan kehendak kepada oranglain, dan menghargai batasan-batasan yang ada.

Kecintaan terhadap Keterbukaan
Terbuka berarti mau menerima masukan baik berupa saran dan kritik dan orang lain, tidak memiliki kefanatikan yang berlebihan dan mau memandang dari sudut pandang orang lain.

Komitmen dan Bertatggung jawab
Komitmen dapat diartkansebagai sebuah sikap yang memegang teguh prinsip tertentu tetapi eksibel dan iuwes, sedangkan bertanggung jawab berarti kesediaan dan kemampuan untuk menunaikan atau memenuhi apa yang menjadi kewajibannya.

Kerja sama Keterhubungan
Kerja sama adalah interaksi sosial antarindividu atau kelompok yang secara bersama sama mewujudkan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama. Kerja sama di sini diwujudkan dengan saling memenuhi hak dan kewaijibannya antara warga negara dengan negara secara timbal balik.

Sebaliknya kepribadian yamg tidak demokratis seperti merasa benar sendiri, tidak mau mengakui keberagaman.sukakekerasan,sikaptertutup danmemaksakan kehendakakan merusak sendi-sendi demokrasi negara. Berawal dari kepribadian yang demokratis akan melahirkan pelakuku yang demokratis. Perilaku demokratis tidak hanya nilik warga negara tetapi juga harus dimiiki para peiabat politi dan aparat negara pemerintaan, yang pada dasareya nerekalah yang lbih banyak menjalankan lembaga-lenbaga demokrasi. Mereka jga contoh perilaku bagiwarga negaranya.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Sikap Positif dalam Pelaksanaan Demokrasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel