Prinsip Persatuan Indonesia

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Prinsip Persatuan Indonesia

Prinsip persatuan Indonesia menjadi bagian dari sila ketiga Pancasila. Prinsip ini penting bagi bangsa lndonesia dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Pemahaman yang benar terhadap prinsip persatuan dapat menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara dalam memperkukuh NKRI.

Prinsip Bhinneka Tunggal Ika, Prinsip Nasionalisme Indonesia



Prinsip Bhinneka Tunggal Ika
Makna prinsip Bhinneka Tunggal Ika meskipun bangsa Indonesia beraneka ragam, keseluruhannya merupakan suatu kesatuan. Dengan prinsip ini, bangsa Indonesia harus mengakui keberagaman suku, agama, ras, dan kebudayaan yang merupakan bagian dari Indonesia. Untuk menjaga persatuan dan kesatuan, masyarakat Indonesia harus mengembangkan sikap saling menghomati atas keberagaman yang ada,

Prinsip Nasionalisme Indonesia
Nasionalisme adalah suatu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia. Nasionalisme yang dianut bangsa Indonesia adalah nasionalisnme luas yang menunjukkan adanya pengakuan kecintaan kepada bangsa dan negara Indonesia, tetapi tidak menganggap bangsa Indonesia sebagai bangsa paling unggul. Terdapat dasar kemanusiaan dalam nilai nasionalisme Indonesia. Manusia ndonesia menempatkan rasa cinta kepada tanah air Indonesia, tetapi tidak menjadikan hatinya tertutupterhadap bangsa-bangsa lain.

Prinsip Kebebasan yang Bertanggung Jawab
Indonesia adalah negara hukum sebagaimana diatur dalam pasal 1 ayat(1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Hal ini berarti segala sesuatu yang dilakukan, baik dalam praktik penyelenggaraan negara maupun pola interaksi sosial kemasyarakatan harus disesuaikan dengan hukum yang berlaku di Indonesia. Salah satu contohnya tentang kebebasan dalam mengemukakan pendapat. setiap orang berhak mengemukakan pendapat, baik secara lisan maupun tulisan. Akan tetapi, kebebasan berpendapat tersebut harus dapat dipertanggungjawabkan, baik secara sosial maupun hukum.

Prinsip Wawasan Nusantara 
Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Dalam Wawasan Nusantara, manusia ditempatkan dalam kedudukan kerangka kesatuan politik, sosial, budayĆ”, ekonomi, serta pertahanan keamanan. Kesatuan tersebut membentuk bangsa Indonesia yang merasa senasib sepenanggungan, sebangsa dan setanah air, serta memiliki satu tekad dalam mencapai cita-cita pembangunan nasional.

Prinsip Wawasan Nusantara, Prinsip Parsatuan Pembangunan untuk Mewujudkan Cita-Cita Reformasi

Prinsip Parsatuan Pembangunan untuk Mewujudkan Cita-Cita Reformasi 
Reformasi merupakan langkah awal bagi bangsa indonesia untuk menempuh hidup baru dalam kerangka demokrasi Pancasila. Peristiwa reformasi menunjukkan bahwa bangsa lndonesia menginginkan penyelenggaraan penerintahan Indonesia didasarkan pada dermokrasi Pancasila dan pelaksanaan Undang-Undang DasarNegara Republik lndonesia Tahun 1945. Agenda penting dalam pelaksanaan refomasi antara lain penegakan supremasi hukum, pemberantasan KKN, amendemen konstitusi, dan pemberian otonomi daerah seluas-luasnya.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Prinsip Persatuan Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel