Prinsip Dasar Demokrasi dan Nilai-Nilai Demokrasi

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Prinsip-Prinsip Dasar Demokrasi
Prinsip-prinsip dasar demokrasi antara lain:

Pemerintahan Berdasarkan Konstitus
Pelaksanaan pemerintahan berdasarkan konstitusi atau UUD sehingga kekuasaan pemerintah terbatas. Pemerintah tidak bisa bertindak karena ada undang-undang yang senantiasa mengaturnva.

Nilai-Nilai Demokrasi Menurut Mahfud M.D


Pemilihan Umum Yang Belbas, Jujur, dan Adil
Para pejabat dipilih melalui pemilhan yang bebas, jujur, dan adil sehingga pemimpin melaksanakan amanat rakyat. dipilihm melalui amanat pemilihan rakyat. Tanpa adanya pemilihan umum, maka megara tidak dianggap sebagai ngara demokrasi. Yang terpilih dan keluar sebagai pemenang akan mengemban amanat

Adanya Jaminan Hak Asasi Manusia
Hak asasi manusia merupakan anugerah Tuhan dan tidak seorang pun boleh merampasnya. Dalam kehidupan bernegara, hak asasi setiap warga dijamin penuh oleh negara seba wujud pemerintahan yang demokratis. Jaminan hak asasi dituangkan dalam pasal-pasal dalam UUD. Tidak adanya jaminan terhadap hak asasi oleh negara maka negara yang bersangkutan dianggap bukan negara demokrasi.

Persamaan Kedudukan di Depan Hukum
Adanya persamaan perlakuan hukum terhadap setiap warga negara tanpa membedakan status sosial. siapa dan apapun kedudukan seseorang apabila melakukan kesalahan maka wajib mendapatkan sanksi yang sesuai dengan tingkat kesalahannya. Di negara hukum tidak ada satu warga pun yang kebal hukum. Namun hal ini apabila hukum benar-benar ditegakkan. Tegaknya suatu hukum tergantung dari para aparat hukum.

Peradilan Yang Bebas dan Tidak Memilak
Adanya peradilan yang bebas dari tekanan apa pun akan mampu mewujudkan keadilan yang seadil-adilnya bagi seluruh rakvat. Kekuasaan pemerintah ataupun partai politik tidak boleh mencampuri lembaga peradilan. Dengan netralitas yang tetap terjaga maka lembaga peradilan akan memiliki wibawa.

Kebebasan Berserikat, Berorganisasi dan Mengeluarkan Pendapat
Adanya jaminan hak kebebasan berserikat dan mengeluarkan pendapat dari pemerintah merupakan wujud pemerintahan yang demokratis. Dengan kebebasan berserikat dan mengeluarkan pendapat dapat digunakan sebagai sarana untuk mengontrol atau mengawasi pemerintah sehingga jalannya pemerintahan sesuai dengan konsitusi yang ada. Kebebasan mengeluarkan pendapat merupakan hak berpolitik yang paling mendasar.

Kebebasan Pers
Pers merupakan salah satu sarana komunikasi lewat tulisan. Berbagai pemikiran, pendapat dan keinginan dapat dituangkan ke dalam media ini. Namun pemikiran dan pendapat akan dapat tertuang secara bebas apabila tidak ada yang membatasinya. Hal ini  tergantung sikap pemerintahterhadap pers. Dengan adnya kebebasan pers, maka rakyat akan dapat menyuarakan suara hati dan pikirannya kepada khalayak umum (publik) melalui media massa, Pers dalam mengungkapkan fakta tidak ada tekanan dari pihak manapun sehingga kebenaran akan terungkap jelas. Kontrol terhadap pemerintah pun berjalan sebagaimana mestinya.

Nilai-Nilai Demokrasi
Nilai-nilai demokrasi merupakan hal-hal positif yang terdapat dalam demokrasi. Menurut
Mahfud M.D., ada 8 nilai demokrasi yang dipakai dalam memecahkan suatu masalah. Nilai-nilai
- tersebut adalah sebagai berikut:
- Penyelesaian pertikaian secara damai dan sukarela
- Menjamin perubahan secara damai dalam masyarakat demokratis
- Pergantian penguasa secara teratur
- Penggunaan paksaan sesedikitn mungkin
- Pengakuan dan penghormatan terhadap keanekaragaman
- Penegakan keadilan
- Memajukan ilmu pengetahuan
- Pengakuan penghormatan atas kebebasan

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Prinsip Dasar Demokrasi dan Nilai-Nilai Demokrasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel