Perumusan Teks Proklamasi

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Perumusan Teks Proklamasi

Soekarno dan Hatta tiba di Jakarta pukut 23.00 WIB.Pada malam itu juga para anggota PPKI diundang untuk melaksanakan rapat di Hotel Des Indes, namun karena adanya peraturan jam malam oleh tentara angkatan darat Jepang, maka rapat terancam batal dilaksanakan. Akan tetapi, atas simpati dari Laksamana Maeda (tokoh angkatan laut Jepang) maka rapat bisa dilaksanakan di rumahnya yaitu di Jalan Imam Bonjol No 1 Jakarta, selain itu rumah tersebut memiliki kekebalan sehingga tidak akan mengalami pemeriksaan oleh Angkatan Darat Jepang. Teks proklamasi di rumuskan di ruang makan oleh Ir Soekamo, Hatta dan Ahmad Soebarjo. Peristiwa ini disaksikan oleh BM Diah dan Sudiro.
Konsep proklamasi terdiri 2 kalimat, yaitu:
1. Kalimat pertama yang berbunyi kami bangsa tndonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan
Indonesia" diusulkan oleh Mr. Ahmad Soebardjo..
2. kalimat kedua mengenai pengalihan kekuasaan. yang berbuyi:" hal-hal yang mengenai pemindahan, kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan derngancara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya" diusulkan oleh Ir. Soekamo.

Perumusan Teks Proklamasi


Drs Moh. Hatta kemudian menggabungkan kedua kalimat dan disempurnakan sehingga seperti
teks proklamasi sekarang ini. Hasil perumusan ini disampaikan kepada para pemuda dan anggota PPKI. Selanjutnya mereka menyetujui perumusan teks proklamasi tersebut. Namun muncul persoalan, yaitu orang yang akan menandatangani teks proklamasi tersebut. Soekarno mengusulkan agar ditandatangani semua yang hadir, tetapi para pemuda tidak setuju. Akhirnya Soekami mengusulkan yang menandatangani cukup ir Soekarno dan Moh Hatta atas nama bangsa Indonesia. Setelah disepakati, rumusan teks proklamasi dimintakan kepada Sayuti Melik untuk di ketik dengan adanya perbaikan bahasa, yaitu:
a. Tulisan "Tempoh' diganti Tempo
b. Tulisan" wakil-wakil bangsa Indonesia" menjadi "atas nama bangsa Indonesia"
c. Tulisan" Djakarta, 17-08-05" diganti" Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05"
Setelah diketik kemudian ditandatangani r Soekarno dan Hatta, inilah naskah proklamasi yang autentik (sah).

Pembacaan Teks Proklamasi
Setelah perumusan selesai dan ditandatanganinya teks proklamasi, maka pembacaan teks proklamasi direncanakan diaksanakan di lapangan IKADA, rencana ini disebarkan ke masyarakat. Informasi ini ternyata juga diketahui oleh tentara Jepang. Dengan pertimbangan kemungkinan bentrok antara rakyat dergan tentara Jepang sangat mungkin terjadi, maka sebaiknya proklamasi dilaksanakan
di halaman rumah Ir Soekarno di JI Pegangsaan Timur no. 56 Jakarta, meskipun hanya dengan cara dan persiapan yang sederhana. Setelah dimulai dengan pidato pembukaan singkat dilanjutkan pembacaan proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh Ir Soekarno didampingi Moh Hatta. Setelah itu, pengibaran bendera Merah-Putih oleh Suhud dan Latief Hendraningrat yang dibantu seorang pemudi yang membawakan bendera bermama Trimurt. Pengibaran bendera merahputih diringi lagu ndonesia Raya ciptaan WR Supratman.

Makna dan Arti Penting Proklamasi


Makna dan Arti Penting Proklamasi
1. Darisudut hukum, proklamasi merupakan permyataan yang berisi keputusan bangsa Indonesia untuk menetapkan tatanan hukum nasional dan menghapuskan tatanan hukum kolonial.
2. Dari sudut politis idiologis, proklamasi merupakan pernyataan bangsa Indonesia yang lepas dari perjajahan dan membentuk negara republik lndonesia yangmerdeka dan berdaulat.
3. Proklamasi sebagai puncak perjuangan rakyat Indonesia dalam mencapai kemerdekaan indonesia
4. Merupakan jembatan emas untuk mencapai masyarakat adil dan makmur.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Perumusan Teks Proklamasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel