Peristiwa Rengasdengklok dan Latar Belakangnya

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Peristiwa Rengasdengklok

Peristiwa Rengasdengklok yaitu peristiwa pengamanan ir. Soekamo dan Drs. Moh. Hatta dibawa oleh para pemuda ke Rengasdengkłok dengan tujuan nmenghindarkan kedua tokoh tersebut dari pengaruh dan tekanan Jepang.

Latar Belakang
Peristiwa ini dilatarbelakangiolehperbedaanp pendapat antara kelompok muda dengan kelompok
tua mengenai waktu pelaksanaan proklamasi kemerdekaan indonesia.

latar Belakang Peristiwa Rengasdengklok


Pendapat kelompok muda
Kelompok muda dalam hal ini adalah para mahasiswa dan anggota PETA(Pembela TanahAir) berpendapat bahwa proklamasiadalah hak dan masalah rakyat Indonesia sendiri. Kemerdekaan harus lepas dari pengaruh pihak lain, termasuk Jepang, sehingga proklamasi tidak harus menunggu sidang PPKI. Mereka menghendaki proklamasi dilaksanakan tanggal 16 Agustus 1945, pada masa Vacuum of Power (masa kekosongan kekuasaan) artinya tidak ada yang berkuasa penuh atas tndonesia, karena Jepang sudah menyerah tanpa syarat kepada Sekutu, Sekutu sebagai pemenang perang belum masuk ke lndonesia.

Pandapat Kelompok Tua
Kelompok tua cenderung menyesuaikan diri dengan pemerintah Jepang dan mendasarkan pada hasil kesepakatan di Dalath Vietnam, sehingga proklamasi harus dilaksanakan meialui sidang PPKI. Golongan tua berependapatika proklamasi dilaksanakan sendiri kemungkinan resiko yang akan dihadapi adalah sekutu (pemenang perang) dan tentara Jepang (yang ingin mempertahankan statusquo atas Idonesia). Dikhawatirkan akan terjadi bentrokandan pertumpahan darah.

Alasan dipilihnya Rengasdengkiok


Alasan dipilihnya Rengasdengkiok
Para pemuda memilih membawa kedua tokoh ke Rengasdengkiok dengan alasan atau pertimbangan, yaitu:
- Antara Daidan Puwakarta dan Daidan Jakarta terdapat hubungan yang erat sejek keduenya melakukan latihan bersama.

- Secara geografis, Rengasdengkiok letaknya terpencil, sehingga dapat mudah melakukan deteksi gerakan tentara Jepang.

- Rengasdengklok telah diduduki oleh satu kompipasukan PETA.

Hasil Kesepakatan
Dengan menghilangnya r Soekano dan Hata dari Jakarta, para tokoh dan anggota PPKI kebingungan mencarinya, apalagi direncanakan.akan mengadakan sidang PPKI Melihat kondisi demikian Mr Ahmad Soebarjo mencoba mencari keberadaan kedua tokoh dengan menanyakan kepada para pemuda. Dari pembicaraan dan kesepakatan yang terjadi diketahui keberadaan lr Soekarno dan Moh Hatta di Rengasdengklok,. dan akhitnya di Rengasdengkiok disepakati pula bahwa proklamasi direncanakan dilaksanakan besuk tanggal 17 Agustus 1945 sebelum jam 12.00 WB. Berdasarkan kesepakatan tersebut, kedua tokoh harus segera dibawa ke Jakarta untuk mempersiapkan pelaksanaan proklamasi.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Peristiwa Rengasdengklok dan Latar Belakangnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel