PerilakuToleran dalam Menyikapi Keberagaman

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


PerilakuToleran dalam Menyikapi Keberagaman

Masyarakat Indonesia Pemahaman masyarakat lndonesia atas keberagaman yangada di Indonesia belum cukup. Diperlukan tindakan nyata sebagai bentuk wujud dukungan terhadap keberagaman masyarakat Indonesia, salah satunya dengan membudayakan sikap toleransi dalam pergaulan.

Perilaku Toleran dalam Keberagaman Beragama
Negara menjamin warga negara untuk menganutdan mengamalkan ajaran agamaya masing-masing. Jaminan tersebut tersurat dalam pasal 29 Undang-Undarg DasarNegara Republik Indonesia Tahun 1945. Jaminan tersebut seharusnya diaplikasikan misalnya dengan menghommati hak-hakumatagama lain. Bentuk perilaku kehidupandalam keberagaman agama sebagai berikut.
- Melaksanakan ajaran agama yang dianutnya dengan baik dan benar.
- Menghomati agama yangdiyakini orang lain
- Tidak memaksakan keyakinan agama yang dianutnya kepada orang lain.
- Toleran terhadap pelaksanaan ibadah yang dianut pemeluk agama lain.

PerilakuToleran dalam Keberagaman Ras, Perilaku Toleran dalam Keberagaman Antar Golongan


Perilaku Toleran dalam Keberagaman Suku
Keberagaman suku bangsa di Indonesia hendaknya tidak menjadi kendala dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa. Setiap warga negara harus saling menghormmati harkat dan martabat manusia lain. Perbedaan yang ada harus menjadi pemersatu bangsa. Oleh karena itu, diperlukan sikap toleran antar warganegara yang berbeda suku bangsa. Sikap toleransi yang dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari akan menciptakan keharmonisan, setidaknya kehidupan berbangsa dan bernegara akan aman dan damai. Hal tersebut dapat dilihat dari tidak adanya konflik sosial yang dipicu keberaganman suku bangsa.

PerilakuToleran dalam Keberagaman Ras
Indonesia sucdah ditakdirkan sebagai bangsa majemuk. Keberagaman ras merupakan salah satu faktor penyebabnya. Warganegara Indonesia harus mengedepankan sikap toleran agar keberagaman ras tidak menjadi faktor penyebab konflik sosial dalam.
masyarakat.

Terjadinya kontflik sosial datam masyarakat akibat perbedaan ras hanya akan berdampak rnegatif bagi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa. Justru, dengan munculnya konflik sosial berakibat pada ierancarmnya integrasi bangsa. Oleh karena itu, mengedepankan sikap toleran merupakan cara terbaik untuk membina dan menjaga keberagaman ras serta memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa.

Perilaku Toleran dalam Keberagaman Antar Golongan
Konflik sosial akibat perbedaan status sosial dalam masyarakat dapat dihindari apabila setiap orangmengembangkan sikap toleransi. Orang yang memiliki kedudukan sosial lebih tinggi tidak boleh menghina orang yang berkedudukan sosial lebih rendah. Sebaliknya, orang yang berkedudukan sosial lebih rendah harus menjaga hubungan baik dengan orang yang berkedudukan sosial lebih tinggi. Hal tersebut dilakukan agar tidak tercipta sekat yang tajam dalam masyarakat.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "PerilakuToleran dalam Menyikapi Keberagaman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel