Pentingnya Kehidupan Demokrási dalam Berbagai Kehidupan

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Pentingnya Kehidupan Demokrási dalam Berbagai Kehidupan


Pentingnya Kehidupan Demokrási dalam Berbagai Kehidupan
Budaya demokrasi merupakan hal yang sangat nuendasat dałam kehichupan berkeluarga, bermayaraka, bebangsa dan bernegara. Suatu kehidupan akan berkembang baik apabila di dalamnya berkembang nilai-nilai demokrasi. Dalam kehidupan demokrasi menghargai nilai-nilai dasar manusia.

Dalam Lingkungan Keluarga
Pendidikan demokrasi perlu dimulai dari lingkungan keluarğa. Karena demokrasi memiliki nilal-nilai yang ndasar dan sama bobotnya dengan lai-nilai lain yang berlaku dalam masyarakat. Prinsip demokrasi hendaknya benar-benar diterapkan dalam kehidupan keluarga, karena dari keluargalah luhir tunastuas hangsa yang akan menggantikan generasi pendahulunya. Bila masing-masing keluarga membekali dengan sifat-siíat demokratis pada anggota keluargannya maka denkan mudoh akan terwujud kehidupan yang demokratis dalam berbsgai kehidupan Bbgi keluargo kehidupan denokrasi nempuyai arti pentng yaitu:

Pentingnya Kehidupan Demokrási dalam Berbagai Kehidupan



- Alat atau sarana yang memberi kesempatan kepada seluruh anggota keluarga untuk menyampaikan aspirasinya sehingga setiap pribadi merasa mempunyai arti atau peranan, sehingga merasa dihargai keberadaanya.

- Kesempatan bagi seluruh anggota keluarga untuk ambil bagian dalam memajukan keluarga.


-Dengan demokrasi tidak ada anggota keluarga yang merasa ditinggalkan sehingga potensi dapat diperkecil.

- Demokrasi mampu mebangkitkan semangat kekeluargaan dan kebersamaan sehingga  keluarga akan sermakin kokoh.

Dalam Lingkungan Sekolah
Seperti halya dalam keluarga, di sekolah pun hendaknya sifat-sifat demokratis senantiasa dipupuk dan dijalankan. Persoalan-persoalan yang muncu perlu diselesaikan dengan cara-cara yang sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi. Pentingnya kehidupan demokrasi dalam lingkungan sekolah, antara lain:

Pentingnya Kehidupan Demokrási dalam Berbagai Kehidupan


- Dengan demokrasi, tata terti sekolah akan diterima dan dilaksanakarn dengan baik oleh seluruh warga sekolah, karena semua warga sekola terlibat di dalamnva."

- Dengan demokrasi,, kegiatan belajar mengajar-mengajar di klas lebih nudah dilaksanakan siswa, karena siswa merasa dihargai.


Dalam Lingkungan Masyarakat
Kehidupan demokrasi dalam lingkungan masyarakat adalah syarat mutlak bagi terciptanya keselarasan, keserasian, dan ketenteraman masvarakat. Hal ini disebabkan sifat masyarakat yang pluralistis. Pluralistis ini hanya bisa diakomodasi oleh prinsip-prinsip demokrasi. Budaya demoktasi memberkan arti penting bagi kehidupan masyarakat antara lain:

1. Masyarakat dapat menyampaika aspirasinya secara bebas dan bertanggun jawab tanpa adanya tekanan dari pihak manapun.

2. Berbagai persoalan dan masalah yang muncul akan dapat terselesaikan dengan musyawarah mufakat.

3. Menghindarkan bentrokan antar warga dan menjaga persatuan dan kesatuan. Terciptanya kehidupan yang aman dan damai namun penuh dinamika.


Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
Indonesia adalah suatu negara dengan wilayah yang sangat luas. Dengan keanekaragaman yang dimiliki (suku, bahasa, keyakinan, budaya, dsb) telah menjadikan persatuan bangsa sebagai prioritas utama. Keadaan wilayah dan penduduk seperti ini tidak mungkin tertata dengan baik bila penyelenggaraan negara tidak didasarkan sistem demokrasi. Demokrasi yang meletakkan kekuasaan utama di tangan rakyat telah mengukuhkan kedudukan rakyat dalam negara tidak saja sebagai objek, tetapi sekaligus sebagai subjek negara. Melalui demokrasi, rakyat dapat terlibat dalam berbagai bentuk kegiatan-kegiatan negara seperti dalam pemilu, memberikan masukan kepada para wakilnya
dalam pembuatan undang-undang serta melakukan pengawasan kepada pemerintah dalam
pelaksanaan undang-undang. Kehidupan demokrasi yang diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara mempunyai arti penting yaitu:
- Kembalinya hak-hak rakyat secara mendasar.
- Terwujudnya pemimpin yang mempunyai legitimasi tinggi.
- Terjadinya kontrol sosial yang sehat.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Pentingnya Kehidupan Demokrási dalam Berbagai Kehidupan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel