Pengertiann Norma

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Pengertian dan Macam-Macam Norma
Apa yang akan terjadi jika. tidak ada aturan di sekolah? Tentu suasana di lingkungan sekolah tidak dapat berjalan dengan tertib, misalnya banyak siswa yang datang terlambat, banyak anak yang tidak memperhatikan saat guru menerangkan pelajaran, atau banyak sampah yang berserakan di dalam kelas. Akibatnya kalian tidak dapat belajar dengan tenang. Semua itu dapat terjadi di semua lingkungan kehidupan, apabila tidak ada peraturan. Oleh karena itu, dibutuhkan aturan/norma di semua lngkungan kehidupan masyarakat Tahukah kalian apakah yang dimaksud dengan norma?

Pengertian Aturan tidak tertulis dan tertulis


Norma adalah ketentuan yang mengatur dan mengikat, Norma harus dipatuhi oleh semua masyarakat. Dengan adanya norma, kehidupan masyarakat dapat berjalan dengan tertib, teratur, dan tenteram karena semua orang akan berkata atau berperilaku sesuai dengan aturan yang berlaku bukan atas kehendaknya sendiri. Noma menjadi bu-rambu bagi setiap manusia. Bagi orang yang melanggar norma akan merasakan akibatnya. Sebagai contoh, membuang sampah di jalan, maka jalanan
menjadi kotor, bahkan bisa menjadi sumber penyakit. Sebaliknya, jika kita patuh pada norma, kita akan mendapatkan hasilnya. Sebagai contoh, jika kita membuang sampah ke tempat sampah, Iingkungan kita akan menjadi bersih, enak dipandang, dan bebas dari berbagai penyakit.

Secara sederhana aturan memuat dual hal yaitu:
1. Hal yang harus dilakukan dan tidak boleh (suatu perintah atau larangan)
2. Ada sanksi atau hukuman bagi yang melanggar.
Kita mengenal adanya dua macam aturan, yaitu aturan tertulis dan aturan tidak tertulis. Aturan tertulis adalah yang dibuat secara resmi oleh pisah yang berwenang sedangkan peraturan tidak tertulis adalah aturan yang tidak ditulis secara resmi namun tetap diaati oleh masyarakat.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Pengertiann Norma"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel