Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli

Assalamualaikum Wr.WbSalam SejahteraOk lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:



Pengertian Pengendalian Sosial

Pengendalian sosial merupakan tindakan 'pengawasar' terhadap kegiatan atau perilaku anggota-anggota masyarakat (kelompok) agar tidak menyimpang dari norma dan nilai sosial yang berlaku.
Pengendalian sosial kerap berkaitan erat dengan norma dan nilai sosial. Bagi anggota masyarakat,
norma sosial mengandung harapan dan dijadikan sebagai pedoman bertindak. Namun, masih saja
terjadi penyimpangan dari noma-noma yang berlaku. Maka, agar masyarakat berlaku sesuai dengan pedoman itu. pengendalian merupakan mekanisme untuk mencegah terjadinya penyimpangan dan mengarahkan orang untuk bertindak menurut norma-norma yang telah melembaga. Pengendalian sosial (social control) adalah cara dan proses pengawasan yang direncanakan atau tidak direncanakan yang bertujuan untuk mengajak, mendidik, atau bahkan memaksa warga masyarakat agar mematuhi norma dan nilai yang berlaku.

1: Definisi pengendalian sosial menurut beberapa ahli sosiologi adalah sebagal berikut:
a. Menurut Bruce J.Cohen
Pengendalian sosial adalahcara-caraatau metode yang digunakan urtuk mendorong seseorang
agar berperilaku selaras dengan kehendak kelompok atau masyarakat luas tertentu.

b. Menurut Peter Berger
Pengendalian sosial adalah cara yang dipergunakan masyarakat untuk menertibkan anggota
yang menyimpang.

c. Menurut Joseph S. Roucek
Pengerdalian sosial adalah proses terencana maupun tidak dimana individu dibujuk, diajarkan,
dan dipaksa untukmenyesuaikan diri pada kebiasaan dan nilai hidup kelompok.

Secara umum dapat disimpulkan bahwa upaya untuk mewujudken kondisi seimbang di Ä‘alam masyarakat disebut pengendalian sosial (Social Contro).

Pengendalian sosial atau pengawas sosial adalah segala proses, baik yang direncanakan maupun tidak, yang bersifat mendidik, mengajak atau bahkan memaksa warga masyaralkat agar patuth terhadap norma-norma dan nilai-niala sosial yang berlaku. Pengendalian sosial menupakan tindakan pengawesan terhadap kegiatan atau perilaku anggota-anggota masyarakat, agar tidak menyimpang dari norma dan nilai yang beriaku. Pengendalian sosial (s0ciel control telah ada sejak manusia hidup berkelompok. Pada kelompok yang masih sederhana, pengendalian sosial merupakan cara untuk mengorganisasikan perila sosial dan kebudayaan. Sejak lahir hingga mati, atau selama hidup dalam kelompok, manusia senantiasa berada dalam pengendalian sosial walaupun terkadang hal tersebut tidak disadari. Obyek atau sasaran pengawasan sosial adaiah kelakuan masyarakat itu sendiri.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel