Pengertian Kedaulatan Secara Bahasa dan Istilah Serta Sifat Kedaulatan

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Makna Kedaulatan Rakyat
Perjuangan bangsa yang penuh pengorbanan telah membuahkan hasil. Atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa maka pada tanggal 17 Agustus 1945 bangsa ndonesia telah menyatakan dirinya sebagai bangsa yang merdeka. Dengan kemerdekaan yang telah diperoleh maka kembali bangsa Indonesia memiliki kedauatannya. Penjajah telah pergi dari bumi ertiwi. Walaupurn berkeinginar untuk kembali, namun bangsa Indonesia dengarn gagah perkasa menentangnya. Sebenarmya apakah kedaulatan bangsa itu ? Mengapa suatu bangsa yang terjajah tidak memiliki kedaulatan ?

Ratusan tahun bangsa Indonesia telah kehilangan kedaulatannya. Bangsa Indonesia tenggelam dalam
kehidupan penjajahan. Kebebasan tidak lagi didapatkan. Yang cirasakan hanyalah kesengsaraan. Sementara penjajah sesukarnya menjarah kekayaan alan milik bangsa. Dengan kedaulatan yang dimiliki seharusnya bangsa indoresia leluasa menentukan nasibnya. Namun yang terjadi bangsa Indonesia terasa asing negara sendiri. šegalanya, penjajah yang menentukan.

Pengertian Kedaulatan Secara Bahasa dan Istilah Serta Sifat Kedaulatan



Pengertian secara Istilah atau Terminologis
Pengertian kedaulatan secara terminologis adalah pengertian kedaulatan seperti yang dinyatakan oleh para ahli, antara lain:

1) John Austin
Kedaulatan adalah kekuasaan suatu penguasa untuk memerintah suatu umat dengan tidak tunduk kepada penguasa lain.

2) Jean Bodin
Kedaulatan adalah kekuasaan tertinggi untuk menentukan hukum dalam suatu negara.
Selain mengungkapkan de nisi kedaulatan, Jean Bodin juga mengungkapkan mengenai
pengelompokan dan sifat pokok kedaulatan. Menurut Jean Bodin, kedaulatan dikelompokkan
menjadi 2, yaitu:

- Kedaulatan ke dalam (intern souvereinitet)
Kedaulatan ke dalam yaitu kekuasaan tertinggi dalam negara untuk mengatu fungsinya, Pemerintah berhak mengatur segala kepentingan rakyat melalui berbag lembaga negara dan perangkat lainnya tanpa campur tangan pihak lain.

- Kedaulatan ke luar (ekstern souvereinitet)
Kedaulatan ke luar yaitu kekuasaan tertinggi di dala negara untuk mengadakan hubungan dengan negar lain serta dalam mempertahankan wilayah dari berbagai ancaman dari luar. Negara berhak nengadakan hubungan atau kerja sama dengan negara lain 9una kepentingan nasional.

Sifat Kedaulatan
Kedaulatan memiliki sifat atau ciri sebagai berikut

- Asłi
Kedaulatan atau kekuasaan tertinggi negara tersebut tidak berasal dari kekuasaan lain yang lebih
tinggi

- Permanen
Kedaulatan itu tetap ada selama negara masih berdiri. Kedaulatan akan tetap ada meskipun pemerintah berganti. Kedaulatan akan hilang bila negara yang bersangkutan lenyap atau tiiak ada lagi. jadi, sifatnya tetap selama negara maših berdiri.

- Tidak Terbagi - bagi
Pemegang kedaulatan merupakan satu-satunya pemegang kekuasaan tertirnggi di negara dan
tidak ada kekuasaan lain yarg sama tinggi atau bahkan lebih tinggi lagi.

- Tidak terbatas
Kedaulatan merupakan kekuasaan tertinggi yang tidak dibatasi oleh kekuasaan lain. Sebab bila dibatasi oleh kekuasaan lain maka kedaulatan itu bzukan iagi merupakan kekuasaan tertinggi di negara.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Pengertian Kedaulatan Secara Bahasa dan Istilah Serta Sifat Kedaulatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel