Norma Berdasarkan Sumbernya

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Norma Berdasarkan Sumbernya

Sumber dalam hal ini adalah tempat norma itu berasal atau tempat ditemukanya norma. Dalam pengklasifikasikan ini norma dapat dibedakan sebagai berikut.

1) Norma Agama
Norma agama adalah peraturan hidup yang sifatnya mutlak dan tidak dapat ditawar-tawar atau diubah ukurannya karena berasal dari Tuhan Yang Maha Esa yang disampaikan kepada umat-Nya melalui utusan-Nya. Biasanyanoma agama tersebutterdapat dalam ajaran agama dan kepercayaan-kepercayaan lainnya (bersifat religi). Norma agama ini berisi perintah,
larangan, dan kisah-kisah yang mengandung nilai atau anjuran.

Dampak Pelanggaran Norma bagi Kehidupan Manusia


2) Norma Kesusilaan
Norma kesusilaan adalah peraturan sosiai yangberasaldari suaa hati nurani manusia (sebagai insan kamil) yang menghasilkan akhlak sehingga seseorang dapat membedakan sesuatu yang dianggap baik dan buruk. Berdasarkan sumber atau asalnya, norma kesusilaan bersifat universal Artinya, norma kesusilaan berlaku umum bagi siapa pun dan di mana pun dengan mendengarkan penilaian dari suara hati nuraninya.

3) Norma Kesopanan
Noma kesopanan adalah peraturan sosial yang mengarah pada hal-hal berkenaan dengan cara seseorang harus bertingkah laku wajar dalam kehidupan bermasyarakat. Peraturan-peraturan
tersebut timbul dari segolongan manusia (suatu masyarakat) atau bersumber dari luar diri manusia, sebagai pedoman pengatur tingkah laku orang yang berada di sekitarnya. Oleh karena itu, pelaksanaan norma kesopanan bersifat lokal dan sementara, tidak universal. Artinya, norma kesopanan hanya berlaku bagi masyarakat tertentu. Dengan kata lain, norma kesopanan yang berlaku dalam masyarakat yang satu belum tentu sama dengan norma kesopanan yang berlaku dalam masyarakat lain.

4) Norma Hukum
Norma hukum adalah ketentuan-ketentuan yang mengatur tentang hubungan manusia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam bentuk peraturan yang dibuat oleh suatu kekuasaan atau badan yang berwenang (pemerintah/negara) disertai sanksi yang tegas dan nyata.
Norma hukum ini bersifat mengikat, memaksa, dan berlaku secara universal. Norma hukum mutlak diperlukan dalam kehidupan negara Indonesia yang dikenal sebagai negara hukum.Indonesia sebagai negara hukum ditegaskanda dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pasal 1 ayat (3) yang berbunyi" Negara Indonesia adalah negara hukum."

3. Dampak Pelanggaran Norma bagi Kehidupan Manusia
Pelanggaran norma yang merebak dalam kehidupan sehari-hari tidak bisa kita biarkan. Jika pelanggaran terhadap norma kita biarkan, akan memicu konflik atau masalah bagi kehidupan
manusia. Berikut beberapa contoh konflik atau masalah sebagai dampak dari pelanggaran
norma. 

- Timbulnya keresahan, ketidakamanan, dan ketidaknyamanan dalam masyarakat.

- Timbulnya berbagai kerugian, baik materi maupun nonmateri seperti kehilangan harta benda, kemacetan lalu lintas di jalan raya, kecelakaan lalu lintas, dan tindak asusila.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Norma Berdasarkan Sumbernya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel