Nilai-Nilai Luhur Sumpah Pemuda

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Nilai-Nilai Luhur Sumpah Pemuda
Semua yang dapat kita nikmati sekarang ini tidak kita dapatkan dengan mudah. Semua ini diperoleh bangsa Indonesia melalui perjuangan yang berat. Masa-masa penjajahan adalah masa yang pequh penderitaan. Mereka tidak sekolah. Bahkan mereka dipaksa hekerja keras tanpa upah dan makanan yang bergizi. Akibatnya banyak penduduk lndonesia yang kelaparan.

Nilai-Nilai Luhur Sumpah Pemuda


Namun, saat ini kita dapat merasakan kemerdekaan. Kita bebas bersekolah bahkan sampai ke perguruąn tinggi. Oleh karena itu, saat ini banyak gene arasi muda yang pintar dan dapat memajukan bangsa dan negara. Kita harus mensyukuri nikmat rasa syukur kitą? Caranya adalah dengani.mengisi kemerdekaan ini dengan kegiatan yang positif dan berguna bagi kemajuan bangsa dan negara kita. Rajin belajar, sering beramal, dan membantu sesama adalah contoh kegiatan positif yang meneladani sifat para pahlawan.

Sumpah Pemuda menjadi tonggakpemersatu bangsa. Oleh karena itu, hendaknyaSumpah Pemuda tidak hanya kita kenang saja, tetapi juga harus menjadi sumber penyemangat bagi kita untuk bersatu, mengisi, can mempertahankan kemerdekaan ini. kemerdekaan ini. Apa yang dapat kita lakukan untuk menunjukkan

Pelajar adalah generasi penerus bangsa. Pelajar diharapkart mampu mempertahankan kemerdekaan dan membangun pangsa. Meraih qita-cita dan tujuan negara. Oleh karena itu, hendaknya kita selalu berperilaku positf dan menghinda hal-hal atau perbuatan yang dapat merusak kepribadian bangsa. Berikut nilai-nila yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.

Semangat Persatuan dan Kesatuan
Pada pelajran sebelumya kalian telah mempelajari tentang perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan. Perjuangan mereka sangat keras. Perjuangan  mereka tidak langsung membuahkan hasil karena pada awalnya  mereka mengalami beberapa kali kegagalan. Akhirnya mereka menyadari bahwa perjuangan mereka pada waktu itu masih bersifat individu sehingga mereka silit mengalahkan penjajah. Setelah mereka menjalin persatuan dan kesatuan perjuangan mereka mulai membuahkan hasil.

Hal tersebut membuktikan bagainmana kekuatan persatuan dan kesatuan bangsa sabagai modal menggapai cita-cita atau tujuan yaitu meraih kemerdekaan. Hanyalah dengan persatuan dan kesatuan kita bisa mengatasi berbagai ancaman atau gangguan terhadap negara Indonesia.

Berikut beberapa sikap yang mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan
- Gotong Royong'
- Menghargai pendapat oranng lain
- Bekrja sama dengan teman dalam hal kebijakan.
- Melakukan musyawarah.
Agar persatuan dan kesatuan dapat terbina dengnan baik, kita harus melakukan hal-hl berikut.
- Saling menghargai dan menghormati
- Saling mengalah demi kebaikan bersama
- Menghilangkan sikap mementingkan diri sendiri atau kelompok.

Rela Berkorban
Perjuangan para pahlawan didukung oleh sifat-sifat luhur yang mereka miliki. Salah satu sifat luhur para pahlawan adalah rela berkorban. Rela berkorban adalah suatu sikap rela memberikan atau menyerahkan apa yang dimilikinya demi kepentingan banyak orang secara ikhlas tanpa mengharapkan imbalan. Dalam berjuang para pahlawan rela mengorbankan apa yang mereka miliki dan tidak mengharapkan imbalan. Niat mereka adalah ikhlas mewujudkan kehidupan bangsa yang bebas dan merdeka. Mereka mengorbankan, harta, benda, bahkan nyawa mereka. Sikap rela berkorban yang ada pada diri pahlawan bangsa haruslah kita teladani. Pada zaman kemerdekaan ini, sikap rela berkorban harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari di berbagai lingkungan kehidupan, yaitu keluarga, sekolah, masyarakat, serta bangsa dan negara. Jadi, kita harus ikhlas jika harus mengorbankan yang kita miliki demi kepentingan umum atau bangsa, misalnya berkorban harta, benda, ataupun waktu.

Berikut contoh perilaku yang mencerminkan sikap rela berkorban.
a. Mematuhi peraturan sekolah.
b. Memaafkan kesalahan orang lain.
c. Menolong orang yang mengalami musibah tanpa melihat perbedaan, misalnya agama, suku, dan daerah.
d. di Mengalah demi kebaikan bersama.
e. Mengikuti upacara bendera dengan khidmat.
f. Menegakkan kebenaran dan keadilan.
g. Membantu orang lain tanpa pamrih.


Cinta Tanah Air dan Bangsa
Indonesia merupakan negara yang kaya. Kaya akan sumber. daya alamataupun kebudayaannya. Oleh karena itu, kita harus bersyukur dan banggamenjadi anak Indonesia. Kita harus lebih mencintai tanah air dan bangsa kita. Apayang harus kita lakukan untuk membuktikan rasa bangga dan syukur kita terhadapbangsa indonesia? Banyak hal yang dapat kita lakukan, contohnya belajar yang rajin, meneladani sifat pahlawan, selalumelakukan perbuatan terpuji, dan menaati peraturan di semua lingkungan kehidupan.Apa yang telah ilakukan para pahlawan menunjukkan wujud kecintaan mereka terhadap tanah air Indonesia. Mereka berjuang tanpa pamrih, bahkan rela mengorbankan harta, jiwa, dan raga untuk kemerdekaan tanah air Indonesia. Cinta tanah air harus dilakukan secara tulus dan ikhlas.
Sikap mencintai tanah air dapat diwujudkan sebagai berikut:
- Membeli dan menggunakan produk Indonesia
- Menjaga nama baik indonesia
- Bangga menjadi anak Indonesia
Prasaan bangga menjadi anak Indonesia dapat diwujudkan dalam prilaku sebagai berikut:
- Rajin belajar
- Selalu giat mengerjakan PR dan tugas piket sebagai bentuk sikap disiplin serta tanggung jawab
- Aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah.
- Aktif dalam kegiataan di lingkungan tempat tinggal.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Nilai-Nilai Luhur Sumpah Pemuda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel