Manfaat Mematuhi Norma-Norma yang Berlaku di Masyarakat

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Manfaat Mematuhi Norma-Norma yang Berlaku di Masyarakat
Semua peraturan baik di rumah, sekolah, maupun masyarakat mempunyai tujuan yang baik. Semua peraturan tersebutmemberi banyak manfaat bagi kita apabila dapat diterapkan dengan baik. Kehidupan masyarakat dapat berjalan dengan tertib, tenang, dan tenteram jika kita dapat mematuhi semua peraturan yang beriaku. Coba kalian bayangkan jika tidak ada peraturan di sekolah, pasti banyak anak yang sering membolos dan banyak anak yang berbicara sendiri saat guru menerangkan, padahal tujuan kalian bersekolah adalah menuntut imu agar dapat meraih cita-cita dengan baik. Tanpa adanya peraturan kalian akan sulit berkonsentrasi saat belajar di sekolah. Akibatnya kalian kesulitan untuk mewujudkan cita-cita.

Manfaat Mematuhi Norma-Norma yang Berlaku di Masyarakat


Adanya peraturan membuat kehidupan masyarakat menjadi tertib. Masyarakat pun dapat hidup dengan tenteram. Orang yang menjalankan peraturan hatinya akan merasakan ketenangan. la tidak pernah merasa gelisah akan mendapat hukuman, cemoohan, atau rasa malu.

Namun sebaliknya, bagi orang yang telah melanggar norma, hidupnya tidak akan tenang, ada rasa penyesalan, ada rasa bersalah, ada rasa malu, dan menjadi ketakutan akan dikenai sanksi, bahkan setelah menjalani hukuman ia bisa dikucilkan oleh masyarakat.

Mantaat mematuhi Norma-norma dalam kehidupan masyarakat adalah untuk mewujudkan hal-hal sebagai berikut.
- Pribadi manusia Indonesia yang baok, misalnya tekun beribadah, sopan dan santun kepada orang tua.
- Situasi kehidupan yang aman dan tentram
- Masyarakat yang kompak, bersatu, saling menghargai dan menghormati

Agar norma yang ada dalam masyarakat dipatuhi, pertu dilakukan beberapa hal berikut.
-  Menanamkan kesadaran mengenai pentingnya melaksanakarn norma-norma yang
berlaku.
-  Meniindak tegas terhadap pelanggar norma-norma yang berlaku.
- Meningkatkan kesadaran para pemimpin sebagai suri teladan.

Agar dapat berjalan dengan teratur, maka pelaksanaan norma harus dipaksakan. Pada akhirnya keberadaan norma akan membawa kebaikan bagi kita sendiri. Walau pada awalnya kita melakukan karena keterpaksaan, tetapi lama-kelamaan kita akan sadar bahwa mematuhi norma akan membawa banyak manfaat bagi kita.semua.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Manfaat Mematuhi Norma-Norma yang Berlaku di Masyarakat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel