Makna Satu Nusa Satu Bangsa dan Satu Bahasa

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Makna Satu Nusa Satu Bangsa dan Satu Bahasa
Peristiva Sumpah Pemuda menyadarkan kita bahwa persatuan dan kesatuan penting
untuk meraih sebuah cita-cita, Sebuah perjuangan tidak akan berhasil jika dilakukan
secara individu.

Mana Satu Nusa atau Satu Tanah Air
Indonesia adalah negara yang beragam Negara kita mempunyai banyak pulau. Setiap daerah di pulau-pulau tersebut mempunyai perbedaan yang menjadi ciri khas yang membedakan dengan daerah yang lain. Berbagai perbedaan tersebut justru menjadi ciri khas bagi bangsa Indonesia. Meskipun berbeda,
tetapi kita harus dapat tetap saling menghormati demi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa. Itulah makna satu nusa yaitu bahwa meskipun kita memiliki banyak perbedaan, tetapi kita harus tetap merasa satu tanah air yaitu tanah air lndonesia.

Dengan mengingat bahwa kita adalah satu tanah air, kita harus selalu mempunyai rasa senasib dan sepenanggungan. Hal itulah yang membuat kita tetap kukuh befsatu. Jadi, makna satu nusa adalah meskjpun kita mempunyai banyak perbedaan, kita tetap satu tanah air yaitu tanah air Indonesia.

Makna Satu Bangsa
Pernahkah kalian membaca tulisan Bhinneka Tunggal lka? Tulisan ini terdapat dalam lambang negara kita, tepatnya pada pita yang dipegang Burung Garuda. Tulisan ini menjadi semboyan bangsa Indonesia. Semboyan ini berarti walaupun berbeda-beda, tetapi tetap satu tujuan. Mengapa semboyan tersebut sesuai bagi bangsa Indonesia? Oleh karena bangsa Indonesia masih dapat bersatu dan hidup berdampingan secara rukun meskipun banyak perbedaan yang ada di Indonesia. Indonesia terdiri dari banyak suku bangsa. Dengan adanya keragaman suku bangsa membuat bangsa kita unik dan menambah kekayaan budaya. Makna satu bangsa adalah meskipun kita berasal dari berbagai suku, tetapi kita tetaplah satu bangsa yaitu bangsa Indonesia.

Dengan adanya makna satu bangsa ini, kita merasakan kebahagiaan dan penderitaan bersama-sama. Saat kemerdekaan, seluruh bangsaindonesia merasa bahagia. Namun, saat ada ancaman atau gangguan terhadap satu wilayah, hal tersebut adalah ancaman bagi seluruh bangsa lndonesia dan harus kita hadapi secara bersama-sama. Apabia kita bisa mempertahankan dan meningkatkan
rasa persatuan dan kesatuan, kita akan menjadi bangsa yang kuat. Maka dari itu, sebagai satu bangsa kita selalu bersatu, baik dalam keadaan menderita maupun bahagia.
Makna Satu Bahasa, Makna Satu Bangsa, Makna Satu Bangsa

Makna Satu Bahasa
Salan satuperbedaan yang mewarnai bangsa kita adalah perbedaan bahasa. Bangsa Indonesia memiliki beragam bahasa dari berbagai daerah, misalnya daerah Jawa, Sunda, Kalimantan, atau daerah-daerah lair Ragam bahasa yang kita hiliki. seharusnya kita syukuri karena dapat memperkaya kebudayaan bangsa. Bahasa daerah harus kita pertahankan agar tidak tergeser oleh bahasa asing
yang sudah banyak dipelajari oleh bangsa kita. Meskipun kita memiliki bahasa daerah yang berbeda-beda kita tetap memiliki satu bahasa nasional yaitu bahasa hndonesia.

Di dalam masyarakat, mungkin adanya warga yang berasal dari daerah yang berbeda. Oleh kerna itu sebaiknya kita berkomunikasi dengan bahasa Nasioanal agar mudah dipahami  oleh warga indonesia lainya

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Makna Satu Nusa Satu Bangsa dan Satu Bahasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel