Lembaga Yudikatif

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Lembaga Yudikatif
Lembaga yudikatif adalah lembaga pemegang kekuasaan kehakiman. Kekuasaan kehakiman merupakan kekuasaan yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan. Kekuasaan kehakjman dilakukan oleh sebuah Mahkamah Agung dan badan peradilan yang berada di bawahnya dalam lingkungan peradilan umum, peradilan agama, peradilan militer, peradilan tata usaha negara, can Mahkamah Konstitusi. Selain itu, ada satu badan lain yang fungsinya berkaitan dengan kekuasaan kehakiman, yaitu Komisi Yudisial.

Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Yudisial (KY)


Mahkamah Agung (MA)
Mahkamah Agung merupakan badan yang melaksanakan kekuasaan kehakiman. Mahkamah Agung sebagai pemegang kekuasaan kehakiman ditegaskan dalam UUD 1945 pasal 24 dan pasal 24A serta
Undang-Undang Nomor48 Tahun2009 tentang Kekuasaan Kehakiman. Dalam menyelenggarakan kekuasaan kehakiman, Mahkamah Agung membawahi beberapa peradilan di negara Indonesia, yaitu:

1) peradilan umum,
2) peradilan agama,
3) peradilan militer, dan
4) peradilan tata usaha negara.

Tugas dan wewenang Mahkamah Agung sebagai peradilan tertinggi di Indonesia antara lain menerima pemohonan kasasi dan melakukan uji materi peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang. Tugas dan wewenang Mahkamah Agung diatur lebih lanjut dalam undang-undang. Tugas dan wewenang Mahkama Agung lebih lanjut dalam undang-undang. Mahkamah Agung berkedudukan di ibu kota negara Republik Indonesia, yaitu jakarta.

Mahkamah Konstitusi (MK)
Mahkamah Konstitusi merupakan lembaga baru di lembaga negara indonesia. Mahkamah Konstitusi diatur dalam pasal 24C UUD 1945 perubahan ketiga tanggal 10 November 2001. Lebih lanjut Mahkamah Konstitusi diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah
Konstitusi. Mahkarnah Konstitusi merupakan salah satu lembaga negara yang melakukan kekuasaan kehakiman yang merdeka untuk


menyelenggarakan peradilan guna menegak kan hukum dan keadilan. Mahkamah Konstitusi berkedudukan di ibu kota negara Republik Indonesia.
Keanggotaan Mahkamah Konstitusi sebagai berikut.

1) Terdiri atas sembilan orang anggota hakim konstituen yang masing-masing diajukan.
(a) tiga orang oleh MA,
(b) tiga orang oleh DPR, dan
(c) tiga orang oleh presiden.
2) Ditetapkan oleh presiden.

3)Ketuadan wakil ketua dipilih dari dan oleh hakim konstitusi,

Wewenag Mahkamah Konstitusisebagai berikut.
1) Mengadili pada tingkat pertama dan terakhir yang putusannya bersifat finat untuk enguji undang-undang terhadap undang-undang dasar.

2) Memutus sengketa kewenangan lembaga negara.

3) Memutus pembubaran partai politik.

4) Memutus perselisihan tentang hasi pemilu.


Komisi Yudisial (KY)
KomisiYudisial merupakan lembaga baru di negara indonesia yang diatur dalam pasal 24B UUD 1945 perubahan ketiga tanggal 10 November 2001. Dalam pasal tersebut antara lain diatur tentang prosedur keanggotaan dari komisi, wewenang, susunan, kedudukan, dan keanggotaan. Wewenang Komisi Yudisial sebagai berikut.
1) Mengusulkan pengangkatan hakim agung.
2) Wewenang lain dalam rangka menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran, dan perilaku hakim.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Lembaga Yudikatif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel