Lembaga Negara Independen

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Lembaga Negara Independen
Lembaga negara independen dibentuk dengan dasar hukum berbeda-beda, baik melalui konstitusi, undang-undang, maupun keputusan presiden. Lembaga negara independen dibentuk dengan tujuan untuk menciptakan pemerintahan yang bersih, memiliki kredibilitas tinggi, dan terbebas dari kepentingan politik tertentu. Lembaga negara independen berdasarkan konstitusi di Indonesia antara lain Bank Indonesia, Komisi Pemberantasan Korupsi, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, dan Komisi Pemilihan Umum. Berikut penjelasan singkat beberapa lembaga negara independen di
Indonesia.

Bank indonesia
Keberadaan Bank Indonesia sebagai lembaga independen diatur dalam pasal 23D UUD 1945. Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa negara memiliki suatu bank sentrat yang susunan kedudukan, kewenangan, tanggung jawab, dan independensinya diatur dengan undang-undang. Adapun undang-undang yang mengatur tentang bank sentral adalah Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2004 tentang Bank Indonesia.

Bank indonesia




Komisi Pemberantasan Korupsi
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah komisi yang dibentuk pada tahun 2013 untuk mengatasi, menanggulangi, dan memberantas korupsi di Indonesia. Komisi ini didirikan berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2002 .mengenai Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Dengan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 dibentuk Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang selanjutnya disebut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dengan demikian, dapat : dipahami bahwa lembaga yang berwenang mernberantas korupsi adalah KPK.

Komisi Pemberantasan Korupsi


Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM)
Komisi Nasional Hak Asasi Manusia adalah sebuah lembaga mandii di lndonesia yang kedudukannya setingkat dengan lembaga negara lainnya dengan fungsi melaksanakan kajian, penelitian, penyuluhan, pemantauan, investigasi, dan mediasi terhadap persoalan-persoalan hak asasi manusia. Komisi ini berdiri sejak tahun 1993 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 50 Tahun 1993 tentang Komisi Nasional Hak Asasi Manusia.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM)


Komnas HAM mempunyai tujuan sebagai berikut.
1) Mengembangkan kondisi yang kondusif bagi pelaksanaan hak asasi manusia sesuai Pancasila, UUD 1945, dan Piagam PBB, serta Deklarasi Universal

2) Meningkatkan pertlindungan dan Hak Asasi Manusia.
penegakan hak asasi manusia guna Indonesia seutuhnya dan kemampuan kehidupan berkembangnya pribadi manusia berpartisipasi dalam berbagai bidang

Komisi Pemilihan Umum
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum yang dimaksud Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah lembaga penyelenggara pemilu yang bersifat nasional, tetap, dan mandiri yang bertugas melaksanakan pemilu. KPU bertanggung jawab atas penyelenggaraan prmilu, Laporan tahap-tahap penyelenggaraan pemilu disampaikan KPU kepada presiden dan DPR.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Lembaga Negara Independen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel