Keberagaman Masyarakat Indonesia

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Keberagaman dalam Masyarakat

Agama, suku, ras, dan golongan menjadi penyebab kemajemukan masyarakat lndonesia. Kemajemukan masyarakat Indonesia harus dipelihara dengan baik agar tidak menjadi faktor yang
melemahkan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Salah satu kunci menjaga keberagaman masyarakat Indonesia, yaitu membudayakan toleransi dalam masyarakat.

Toleransi menjadi kunci penting dalam menjaga keharmonisan dalam masyarakat Indonesia. Untuk
menumbuhkan kesadaran bertoleransi, masyarakat Indonesia harus memiliki rasa cinta kepada tanah air. Rasa cinta kepada tanah air secara tidak langsung akan menumbuhkan sikap toleransi demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Keberagaman Masyarakat Indonesia
Indonesia menjadi salah satu negara majemuk di dunia. Kemajemukan dalam masyarakat menjadi ciri khas Indonesia. Masyarakat lndonesia seharusnya patut berbangga hati dengan keragaman yang ada. Kemajemukan akan membawa kemanfaatan apabila masyarakat Indonesia mampu menjaga dan memanfaatkannya dengan baik.

Keberagaman Agama, Keberagaman Suku, Keberagaman Suku, Keberagaman Ras


Keberagaman Agama
Keberagaman agama yang ada di Indonesia menjadi alasan munculnya toleransi antarumat beragama. Kesadaran bertoleransi memang pantas dibudayakan di Indonesia demi terwujudnya persatuan dan kesatuan antarumat beragama. Jangan sampai perbedaan agama menjadi faktor penyebab disintegrasi bangsa.

Sila pertama Pancasila memuat nilai keagamaan. Ketuhanan Yang Maha Esa menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa beragama. Waiaupun setiap orang menganutagama berbeda, mereka harus hidup rukun dan damai dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Keberagaman Suku
Menurut Koentjaraningrat, suku bangsa adalah sekelompok manusia yang memiliki kesatuan burtaya dan terikat oleh kesadaran dan identitas tersebut. Ciri-ciri mendasar yang membedakan suku bangsa satu dengan lainnya, yaitu bahasa daerah, adat istiadat, sjstem kekerabatan, kesenian daerah, dan tempat asal.

Keberagaman suku bangsa dan budaya tak menghalangi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa. Hal itu akan terwujud apabila ada sikap toleran yang dimiliki oleh setiap warga negara. Bangsa Indonesia harus menyadari bahwa keberagaman suku bangsa merupakan salah satu kekayaan bangsa yang menjadi dasar persatuan dan kesatuan.

Keberagaman Ras
Perbedaan ras ditandai dengan perbedaan ciri-ciri fisik, sepertiwarna kulit, bentuk rambut, bentuk muka, ukuran badan, bentuk badan, bentuk dan warna mata, serta ciri-ciri tisik lainnya. Setidaknya ras dapat dibagi dalam beberapa golongan antara lain Melanesoid, Asiatik Mongoloid, Malayan Mongoloid, dan Kaukasoid.

Keberagaman ras di indonesiadipengaruhi oleh nenekmoyang yang datang dan menetap di Indonesia. Salah satu faktor penyebab muncunya keragaman ras di lndonesia yaitu adanya perkawinan antara warga asing dan warga pribumi. Perbedaan ras ini menambah keberagaman bangsa Indonesia.

Keberagaman Antargolongan
Manusia hidup dalam keberagaman masyarakat. Keberagaman masyarakat di masyarakatnya. Struktur masyarakat terutama keberagaman sosial dalam Indonesia dapat dilihat dari struktur Indonesia ditandai dengan dua ciri atau sudut pandang, yaity secara horizontal dan vertikal. Secara horizontal, ditandai dengan kenyataan adanya kesatuan-kesatuan sosial berdasarkan perbedaan-perbedaan suku bangsa, agama, adat istiadat, dan kedaerahan. Secara vertikal ditandai dengan adanya lapisan atas dan. lapisan bawah yang cukup tajam.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Keberagaman Masyarakat Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel