Hak Asasl Manusia di Inggris

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Hak Asasl Manusia dl Inggris
Negara Inggris dipandang sebagai pelopor perjuangan hak asasi manusia karena terlihat dari kegigihan rakyatnya yang berjuang mendapatkan kebebasan dan keadilan dari penindasan penguasa kerajaan. Hasil perjuangan rakyat inggris untuk mendapatkan haknya dapat ditelusuri dari beberapa dokumen yang disusun sebagai pengakuan penguasa terhadap hak asasi manusia berikut.

Magna Charta
Magna Charta ditandatangani padai 15 Juni 1215. Perjanjian ini memuat pembatasan kekuasaan raja dan pengakuan bahwa hak asasi manusia lebih penting daripada kedaulatan raja. Hak asasi manusia
harus dihormati, bahkan jika seorang warga dipandang telah melanggarhukum. Ia harus diperakukan dengan baik sesuai hukum yang berlaku dan tidak lagi diperlakukan sesuai keinginan raja. Muatan Magna Charta menjadi tonggak awal pengakuan hak asasi manusia di Inggris.

Pengertian Magna Charta, Pengertian Petition of Rights


Isi Magna Charta adalah sebagai berikut:
1. Raja beserta keturunannya berjanji akan menghirmati kemerdekaan, hak, dan kebebasan inggris.
2. Raja berjanji kepada penduduk kerajaan yang bebas untuk menghormati hak-hak haknya.
3. Para petugas keamanan dan pemungut pajak akan menghormati hak-hak penduduk.
4. Polisi ataupun jaksa tidak dapat menuntut seseorang tanpa bukti dan saksi yang salah.
5. Seseorang yang bukan budak tidak akan ditahan, dinyatakan bersalah, tanpa perlindungan negara dan tanpa alasan hukum sebagai berikut.
6. Apabila seseorang tanpa perlindungan hukum sudah terlanjur ditahan, raja bernjaji akan mengoreksi kesalahanya.

Petition of Rights
Pada dasarnya Petition of Rights berisi pernyataan-pernyataan mengenai hak-hak rakyat beserta jaminan yang diberikan oleh raja untuk keberlakuannya. Para bangsawan mengajukan petisi tersebut kepada raja di depan parlemen inggris pada 1628. Secara garis besar isi Petition of Rights menuntut
hak-hak rakyat sebagai berikut.
1. Pajak dan pungutan istimewa harus disertai persetujuan.
2.  Warga negara tidak boleh dipaksakan menerima tentara di rumahnya.
3. Tentara tidak boleh menggunakan hukum perang dalam keadaan damai.

Habeas Corpus Act
Lima puluh tahun setelah munculnyaPetition of Rights ada ketidakpuasan rakyat terhadap perilaku aparat kerajaan. Atas namaraja mereka dapat menahan seseorang yang dipandang bersalah atau melakukan hal yang. tidak disukai raja dengan cara dan masa penahanan yang tidak jelas. Melihat kenyataan ini rakyat kembali mengajukan aturan baru yang menghargai hak rakyat untuk mendapat kan keadilan hukum. Aturan baru tersebut bemama Habeas Corpus Act. Habeas Corpus Act adalah undang- undang yang mengatur tentang penahanan seseorang dibuat pada 1679. Isi Habeas Corpus Act sebagai berikut.

1. Seseorang yang ditahan segera diperiksa dalam waktu dua hari setelah
2.  Alasan penahanan seseorang harus penahanan disertai bukti yang sah menurut hukum.

Bill of Rights
Dinamika politik di lnggris pada masa akhir abad XVIl sangat tinggi. Selepas Habeas Corpus Act para bangsawan dalam parlemen Inggris kembali mengajukan undang-undang baru dalam bidang politik yang dikenal sebagai Bill of Rights. Undang-undang tersebut dicetuskan dan diterima parlemen Inggris pada 1689. Adapun isi Bil of Rights sebagai berikut.
1. Kebebasan dalam pemilihan anggota parlemen.
2. Kabebasan berbicara dan mengeluarkan pendapat.
3. Pajak, undang-undang, dan pembentukan tentara tetap harus seizin partemen.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Hak Asasl Manusia di Inggris"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel