Hak Asasi Manusia

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Hak Asasi Manusia
Secara kodrati, manusia memiliki kedudukan sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Sebagai
makhluk individu manusia dapat memenuhi segala keinginan pribadinya karena memiliki hak asasi. Hak asasi tersebut sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa sejak dilahirkan. Sebagai makhluk sosial manusia dapat berinteraksi dengan manusia lainnya. Oleh karena itu, manusia baik sebagai makhluk individu maupun makhluk sosial hendaknya dapat menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Pengertian Hak Asasi Manusia


Pengertian Hak Asasi Manusia
Menurut Dardji Darmodiharjo, hak asasi manusia adalah hak dasar atau hak-hak pokok yang dibawa manusia sejak lahir sebagai anugerah TuhanYang Maha Esa. Menurut John Locke, hak asasi manusia adalah hak-hak yang diberikan langsung oleh Tuhan Yang Maha Pencipta sebagai hak kodrati. Oleh karena itu, tidak ada kekuasaan apa pun yang dapatmencabutnya. Hlak ini bersifat kodrati dan mendasar (fundamental) bagi hidup dan kehidupan manusia.

Pemerintah indonesia menaruh perhatian besar terhadap pemenuhan jaminan hak asasi manusia sebagaimana yang tercantum dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pemenuhan hak asasi manusia secara khusus diatur dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Menurut pasal 1 angka 1 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, hak asasi manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh negara dan setiap orang demi kehormatanserta perlindungan harkat dan martabat manusia.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Hak Asasi Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel