Hak Asasi Manusia di Indonesia

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:

Hak Asasi Manusia di Indonesia
Hak asasi manusia di Indonesia bersumber pada Pancasila. Untuk menegaskan pengakuan dan jaminan hak asasi manusia pemerintah Indonesia menerbitkan berbagai dokumen konstitusi dan undang-undang yang mengakomodasi hak asasi manusia sebagai berikut.

Hak Asasi Manusia di Indonesia


a. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
b. Uncang-Udang Nomor39 Tahun 1999 tertang Hak Asasi Manusia.

Berdasarkan ketentuan dalam konstitusi dan undang-undang tersebut, hak asasi yang dijamin di ndonesia dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok sebagai berikut.
a. Hak-hak asasi pribadi (personal rights) yang meliputi kebebasan menyatakan pendapat, kebebasan memeluk agama, dan kebebasan bergerak.

b. Hak-hakasasi ekonomi (property rights) yang meliputi hak untuk memiliki sesuatu, hak mem-
beli dan menjual serta memanfaatkannya.

c. Hak-hak asasi politik (political rights) yaitu hak ikut serta dalam pemerintahan, hak pilih (dipilih dalam pemilu), dan hak mendirikan partai politik.

d. Hak asasi untuk mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan (rights of iegal equality).

f. Hak-hak asasi sosial dan kebudayaan (social and culture rights), misalnya hak untuk memiliki pendidikan dan hak untuk mengembangkan kebudayaan.

Hak asasi untuk mendapatkan perlakuan tata cara peradilan dan perlindungan (procedural rights), misalnya peraturan dalam hal penahanan, penangkapan, penggeledahan, dan peradilan.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Hak Asasi Manusia di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel