Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia
Keberagaman masyarakat Indonesia teriaci karena berbagai faktor. Letak strategis wilayah Indonesia merupakan salah satu faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia. Masih ada faktor-taktor lain yarg memengaruhikeberagaman masyarakat indonesia.

Letak Strategis Wilayah Indonesia
Indonesia terietak ci antara dua benua (Benua Asia dan Benua Australia) serta dua samudra (Samudra Hindia dan Samudra Pasifik). Pada masa lalu, dengan wilayah yang strategis ini lndonesia menjadi kawasan lalu lintas perdagangan intemasional. Banyak pedagang asing yang secara tidak langsung
menyebarkan kebudayaan asli daerah asalnya di lndonesia. Bahkan, sebagian dari para pedagang asing tersebut menetap di Indonesia mengakibatkan kemajemukan ras, agama, budaya, dan bahasa.

Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia


Kondisi Negara Kepulauan
Wilayah indonesia yang berbentuk kepulauan mengakibatkan masyarakat memiliki hambatan dalam melakukan interaksi.Masyarakat di pulau-pulau wilayah Indonesia mengembangkan kebudayaan di kepulauan masing-masing. Hal ini mengakibatkan perbedaan suku, bahasa, budaya, dan adat istiadat.

Perbedaan Kondist Alam
Kondisi alam yang berbeda di setiap daerah mengakibatkan perbedaan dalam masyarakat Indonesia. Sebagai contoh, dalam bidang mata pancaharlan. Mata pencaharian masyarakat dl daerah pesisir berbeda dengan masyarakat dl daerah pegunungan.

Keadaan Transportasi dan Komunikasi
Sarana dan prasarana berupa transportasi dan komunikasi menjadi penyumbang keberagaman masyarakat Indonesia. Kemudahan akses transportasi dan komunikasi membawa pengaruh terhadap pola interaksi masyarakat Indonesia.

Penerimaan Masyarakat terhadap Perubahan
Penerimaan masyarakat terhadap pèrkembangan baru membawa dampak terhadap keberagaman masyarakat. Ada masyarakat yang mau menerima perkembangan secara cepat, ada pula yang menerima secara lambat. Kondisi ini dapat mengakibatkan keberagaman dalam masyarakat.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel