Demokrasi Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.

Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Demokrasi Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
Budaya demokrasi juga diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini ditandai dengan keikutsertaan rakyat dalam pengambilan keputusan yang bersifat nasional baik secara langsung maupun melalui wakil-wakilnya. Berbagai kegiatan yang melibatka rakyat baik langsung maupun tidak langsung antara lain:

Pemilihan Umum
Melalui pemilihan umum, rakyat dapat menentukan pilihannya. Suara terbanyak hasil pemilihan umum yang merupakan suara mayoritas rakyat menjadi suatu keputusan secara nasional. Apabila pemilihan umum ditujukan untuk memilih wakil rakyat maka berdasarkan hasil pemilihan umum itulah wakil-wakil rakyat ditentukan. Demikian juga apabila pemilihan umum bertujuan memilih presiden maka berdasarkan hasil pemilihan umum itulah calon yang terpilih akan ditetapkan sebagai
presiden untuk satu periode ke depan. Dalam hal ini rakyat telah mengambil keputusan yang sangat menentukan.

Contoh Demokrasi Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara


Penyusunan Undang-Undang
Undang-Undang merupakan peraturan yang harus dijunjung tinggi oleh semua pihak. Dengan peraturan perundang-undangan maka kehidupan akan dapat berjalan dengan terti, lancar dan aman.  Udangan. Undang-undang dibuat oleh lembaga eksekutif dan lembaga legislatif, dalam hal ini adalah presiden dan DPR. Dalam menyusun undang-undang anggota DPR akan menyuarakan aspirasi dan dinamika yang berkembang dalam masyarakat. Aspirasi yang langsung disampaikan oleh rakyat pada anggota DPR akan menjadi bahan kajian dalam pembuatan undang-undang

Pengawasan
Setelah undang-undang selesai dibuat dan diundangkan selanjutnya dilaksanakan oleh presiden selaku kepala pemerintahan, Dalam pelaksanan undang-undang presiden tidak saja diawasi oleh DPR namun rakyat juga mempunyai hak untuk mengontrol dan mengawasinya. Pengawasan dan kontrol oleh rakyat dapat dilakukanan melalui media masa ataupun lewat ujuk rasa. Apabila yang disampaikan sesuatu yang benar maka dukungan pun akan mengalit: Karena mendapat dukungar yangakan menjadi kekuatan yang besar pula.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Demokrasi Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel