Aturan di Lingkungan Masyarakat

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Aturan di Lingkungan Masyarakat
Seperti hainya saat di sekolah, di lingkungan masyarakat pun kita akan berhubungan dengan banyak orang bahkan dari berbagai usia. Agar terwujud hubungan yang harmonis dan rukun, maka harus ada peraturan yang berlaku di lingkungan masyarakat. Peraturan dalam kehidupan masyarakat juga bertujuan mewujudkan kehidupan yang tertib dan teratur. Apalagi dalam kehidupan masyarakat, pasti terdapat banyak perbedaan. Walaupun terdapat banyak perbedaan, sejatinya kita sebagai makhluk sosial selalu saling membutuhkan. Oleh karena itu, agar tidak terjadi perselisihan maka diberlakukan peraturan. Peraturan-peraturan tersebut harus ditaati oleh semua warga yang bersangkutan.

Aturan di Lingkungan Masyarakat


Peraturan yang berlalu di suatu daerah belum tentu berlaku di daerah lain. Hal ini disebabkan pembuatarn peraturan disesuaikan dengan kondisi masyarakat yang tinggal di daerah yang bersangkutan.

Demi terwujudnya kehidupan masyarakat yang rukun, teratur, dan tertib setiap masyarakat harus dengan kesadaran serta keikhlasan melaksanakan semua peraturan tersebut.

Sama halnya dengan aturan-aturan cli sekolah, aturan di masyarakat pun ada yang tertulis dan ada yang tidak ulis. Ole karena itu, bagi pelanggar peraturan-peraturan tersebut pasti akan dikernakan sanksi. Bagi pelanggar peraturan tertulis,sanksi yang biasa dikenakan yaitu kurungan atau denda.

Adapun bagi pelanggar peraturan ticak tertulis akan dikenai sanksi yang merupakan hasil keputusan bersama dari masyarakat. Namun, selain mendapat sanksi dari masyarakat, mereka pun akan merasa malu, menyesai, dan yang terburuk bisa pula diasingkan dari pergaulan..
Contoh peraturan tertulis yang berlaku di masyarakat antara lain sebagai
berikut.
- Setiap kepala keluarga wajib memiliki kartu keluarga.
- Setiap warga yang sudah berusia 17 tahun wajib memiliki KTP.
- Tamu yang menginap lebih dari 24 jam wajib lapor kepada ketua RT.
- Setiap warga wajib ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan siskamling.
- Setiap warga wajib ikut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan.
- Setiap warga wajib ikut berpartisipasi dalam menjaga ketenangan lingkungan.
- Membayar iuran untuk kepentingan umum sesuai dengan kesepakatan warga masyarakat.

Adapun contoh peraturan tidak tertulis yang berlaku di masyarakat antara lain sebagai berikut.
- Setiap warga wajib menjaga keamanan lingkungan.
- Mengikuti berbagai kegiatan masyarakat.
- Suka menolong dengan ikhlas.
- Menjenguk tetangga yang sakit.

Dari beberapa contoh tersebut, tentu masih banyak contoh yang lainya. Kamu bisa bertanya kepada ayah, ibu, kakak atau kakek. Selain menaati aturan-aturan dalam masyarakat, warga juga mempunyai hak anatara lain sebagai berikut.

- Hak untuk mendapat keamanan dan perlindungan.
- Hak untuk mendapatkan kenyamanan.
- Hak untuk mendapat pelayanan dari aparat.
- Hak untuk mengeluarkan pendapat.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Aturan di Lingkungan Masyarakat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel