Aspek-Aspek Pengukuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Aspek-Aspek Pengukuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Indonesia merupakan negara merdeka. Kemerdekaan yang diperoleh lndonesia bukan pemberian penjajah, melainkan atas kerja keras para pejuang merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Bangsa Indonesia yang telah merdeka harus menghargai jasa para pahlawan. Mereka berjuang mengorbankan jiwa dan raga demi kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, penmerintah darn segenap, bangsa Indonesia harus mampumengisi kenmerdekaan dan menjaga setiap jengkal tanah Indonesia agar tidak dijajah kembali.

Mengisi kemerdekaan dan menjaga negara Indonesiadari upaya pelemahan negara tidak lah mudah. Keragaman suku bangsa, agama, dan bahasa menjadi tantangan tersendiri dalam memperkukuh Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bangsa lndonesia harus mempunyai semangat juang dalam memperkukuh kedudukan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai negara merdeka. Persatuan dan kesatuan bangsa senantiasa dijaga demi keutuhan negara. Dalam pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dinyatakan bahwa negara Indonesia ialah negara kesatuan yang berbentuk republik. Makna kata "kesatuan". menunjukkan bahwa negara Indonesia merupakan negara yang memiliki l bentuk susunan negara kesatuan bukan federal. Bangsa Indonesia harus memiliki komitmen tinggi dalam menjaga bentuk susunan negara ini agar tidak berubah menjadi negara federal. Komitmen ini sangat erat kaitannya dengan upaya bangsa Indonesia memperkukuh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

a. Semangat Kebangsaan untuk Memperkukuh Negara Kesatuan Republik Indonesia
Warga negara Indonesia harus memiliki semangat kebangsaan. Semangat kebangsaan dapat menjadi pendorong bagi bangsa Indonesia guna menunjukkan kesetiaannya kepada bangsa dan negara. Kesetiaan bangsa Indonesia kepada negara dapat diwujudkan melalui berbagai tindakan. Menggunakan produk dalam negeri merupakan salah satu upaya menunjukkan kesetiaan warga negara kepada negara dalam rangka memperkuat perekonomian nasional. Selain itu, warga negara yang menggunakan produk dalam negeri menunjukkan adanya cinta tanah air. Bentuk kesetiaan warga negara dapat diwujudkan dengan tindakan lain, seperti mengikuti upacara bendera agar tumbuh semangat nasionalisme dan patriotisme.

Nasionalisme
Nasionalisme adalah suatu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia. tdentitas bersama
tersebut ialah identitas sebagai bangsa Indonesia. Pengertian lain dari nasionalisme dapat dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang menyatakan bahwa nasionalisme adalah paham atau  ajaran untuk mencintai bangsa dan negara. Kedua pengertian di atas pada intinya memiliki
persamaan, yaitu sama-sama menunjukkan ajaran tentang menjaga kedaulatan negara dengan cara mencintai negara. Sebagai warga negara Indonesia yang baik tentu saja semua warga negara indonesia harus memiliki jiwa nasionalis yang tinggi. Jiwa nasionalis yang dimiliki setiap warga negara membantu dalam memperkukuh kedudukan Negara Kesatuan Republik indonesia.

Ada dua jenis nasionalisme, yaitu nasionalisme dalam arti luas (nasionalisme positif) dan nasionalisme dalam arti sempit (nasionalisme negatif). Nasionalisme dalam arti luas dapat dimaknai sebagai paham mencintai bangsanya atau cinta tanah airnya tanpamerendahkan bangsa lain. Nasionalisme dalam arti sempit (chauvinis) adalah perasaan kebangsaan atau rasa cinta yang berlebihan terhadap bangsanya sehingga memandang rendah bangsa lain. Warga negara indonesia seharusnya menganut nasionalisme dalam arti luas.

Semangat Kebangsaan untuk Memperkukuh Negara Kesatuan Republik Indonesia


Patriotisme
Patriotisme adalah paham yang menunjukkan sikap berani, pantang menyerah, dan rela berkorban demi bangsa dan negara. Dalam konteks kehidupan bernegara patriotisme merupakan ajaran bela
negara. Pengertian bela negara tercantum dalam Undang-Undang Nomor3Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara. Berdasarkan undang-undang tersebut bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam
menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Menurut Kementerian Pertahanan Republik indonesia.beianegara mengandung beberapaunsur dasar sebagai berikut.
- Meyakini Pancasila sebagai ideologi
- Rela berkorban untuk bangsa dan negara.
- Cinta tanah air.
- Kesadaran berbangsa danbenegara. negara.

Munculnya kesadaran bela negara di kalangan warga negara Indonesia dapat memperkukuh kedudukan Indonesia sebagai negara merdeka dan mandiri. Contohnya seorang warga negara yang memiliki rasa cinta tanah air akan melakukan tindakan apa saja demi menjaga keutuhan NKRl. Orang
yang memiliki rasa cinta tanah air yang tinggi berupaya mengisi kemerdekaan dengan tindakan dan kemampuan yang dia miliki.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Aspek-Aspek Pengukuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel