Dewan Perwakilan Daerah (DPD)

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Dewan Perwakilan Daerah (DPD)
Dewan Perwakilan Daerah (DPD) adalah lembaga tinoginegara dalam sisien ketatanegaraan Indonesia yang anggotanya merupakan perwakilan dari setiap provinsi yang dipilih, melalui pemilihan umum. DPD niliki fungsi, yaitu mengajukan usul dengan cara ikut dalam pembahasan dan
memberikan pertimbangan yang berkaitan dengan bidang legislasi tertentu. Selain itu, DPD memiliki fungsi mengawasi pelaksanaan undang-undang tertentu.

1. Tugas dan Wewenang DPD
Tugas dan wewenang DPD sebagai berikut.

a) Mengajukan kepada DPRrancangan undang-undang yang berkaitan dengan-otonomi daerah hubungan pusat dan daerah; pembentukan, pemekaran, dan penggabungan daerah pengelolaan sumber daya alam dan sumber. daya ekonomi lainnya; serta yang berkaitan dengan perimbangan keuangan pusat dan daerah. DPR kemudian mengundang DPDuntuk membahas RUU tersebut.

Dewan Perwakilan Daerah (DPD)


b. Memberi pertimbangan kepada DPR atas RUU APBN dan RUU yang berkaitan dengan pajak,
pendidikan, dan agama.

c) Memberi pertimbangan kepada DPR dalam pemilihan anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

2. Kedudukan dan Fungsi DPD
DPD merupakan lembaga perwakilan daerah yang memperjuangkan aspirasi dan kepentingan daerah. DPD mempunyai fungsi sebagai berikut.

a. Mengajukan usul, ikut membahas, dan memberikan pertimbangan di
bidang legislasi (pembahasan rancangan undang-undang).

b) Pengawasan atas pelaksanaan legislasi tertentu, yaitu pengawasan atas pelaksanaan undang-undang mengenai otonomi daerah; pembentukan, pemekaran, dan penggabungan daerah; hubungan pusat dan daerah; pengeiolaan sumber daya alam dan sunmberdaya ekonomi lainnya; serta pelaksanaan APBN, pajak, pendidikan, dan agama.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Dewan Perwakilan Daerah (DPD)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel