Ancaman terhadap Pancasila

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Ancaman terhadap Pancasila

Sejak disahkannya sebagai dasarnegara dan ideologi negara, Pancasila tidak pernah diubah. Ini merupakan hasil konsensus bangsa Indonesia. Seiring perkembangan zaman, eksistensi Pancasila menghadapi ancaman yang nyata. Ancaman dan usaha mengubah Pancasila sebagai dasar negara bisa datang dari dalam dan luar neger. Berikut beberapa contoh bentuk ancaman dan usaha mengubah Pancasila sebagai dasar negara.

Munculnya Ideologi Baru


Munculnya Ideologi Baru
Ideologi Pancaslamempunyaiperbedaan yang khas jika disandingkan dengan ideologi beralieme dan komunisms. Perbedaannya bisa dilihat dari berbagai sudut pandang, salah satunya mengenai hak asasi manusia. ideologi liberal sangat membebaskan hak asasi individu. Ideologi komunis bisa dikatakan sangat membatasi kebebasan individu. Pancasila mempunyai pandangan tersendiri terhadap hak asasi manusia. Pancasila tetap memberikan jaminan atas hak asasi manusia, tetapi sifatnya terbatas. Setiaporang dituntut untuk menghomati hak asasi orang lain. Oleh karena itu, Pancasila mencoba mengakomodasi pemberian jaminan atas hak asasi manusia sesuai nilai-nilai yang dikandungnya. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat dilihat bahwa ketiga ideologi tersebut mempunyai perbedaan. Apabila ideologi liberal dan ideologi komunis diadopsi oleh rakyat Indonesia akan mengancam eksistensi Pancasila.

Separatisme
Separatisme adalah gerakan untuk mendapatkan kedaulatan dan memisahkan diri dari wilayah negara asalnya. Gerakan separatis dapat mengancam persatuan dan kesatuan Indonesia. Ancaman tersebut dapat terlihat dari keinginan pelakunya untuk memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Adanya keinginan memisahkan diri dari NKRI menunjukkan bahwa keutuhan NKRI yang dibangun atas dasarpersatuan Indonesia terancam.

Radikalisme
Radikalisme adalah paham atau aliran yang menginginkan perubahan atau pembaruan sosial dan politik dengan cara kekerasan. Kaum radikalis meiliki keyakinan bahwa ideologi yang dibawa merupakansuatu kebenaran. Mereka membawa ideologi yang berbeda dengan Pancasila. Mereka berupaya mengimplementasikan ideologi tersebut melalui cara kekerasan.

Konflik Horizontal
Konflik horizontal bisa terjadi karena adanya perbedaan yang hadir dalam masyarakat. Perbedaan tersebut bisa berupa perbedaan agama, suku, dan ras. Tiga hal tersebut bisa memicu terjadinya konflik horizontal dalam masyarakat. Terjadinya konflik horizontal tentu berimbas terhadap kondisi masyarakat. Lingkungan masyarakat menjadi tidak aman. Secara tidak tidak langsung mengakibatkan adanya pandangan negatif masyarakat terhadap Pancasila yanng selama ini diyakini mempu menyatukan semua perbedaan.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Ancaman terhadap Pancasila"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel