Teknik Dasar Tangkisan dan Bentuk-bentuk Tangkisan

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:

Teknik Dasar Tangkisan dan Bentuk-bentuk Tangkisan

Teknik Dasar Tangkisan

Tangkisan adalah gerakan menangkis serangan lawan dengan cara meneruskan serangan lawan ke
tempat kosong. Jadi menangkis bukaniah menghalang serangan lawan. Tangkisan selalu disertai dengan
sikap kuda-kuda, sikap tangan, dan sikap tubuh yang benar.

1. Tangkisar dengan Satu Tangan
Dalam sikap kuda-kuda slewah, tangan yang berada di depan digunakan untuk menangkis dengan menggerakkannya keluar. Tangkisan satu tangan dapat dibedakan menjadi tangkisan satu tangan posisi tinggi, posisi rendah, tangkisan satu tangan dengan tangan mengepal, tangkisan dengan tangan terbuka, dan tangkisan ke arah dalam.

2. Tangkisan dengan Dua Tangan
Dalam sikap kuda-kuda slewah, kedua tangan secara bersamaan arah pukulan. Tangan ke depan digunakan untuk menangkap siku lawan dan tangan belakang digunakan untuk menangkap pergelangan tangan lawan. Tangkisan dua tangan dapat dibedakan menjadi dua tangan sejajar atas, belah tinggi. belah rendah, silang tinggi. silang rendah dan buang samping.

Bentuk-bentuk Tangkisan

Bentuk-bentuk tangkisan meliputi berikut

Jatuhan
Jatuhan adalah teknik atau cara menjatuhkan lawan dengan mengikuti arah tenaga lawan sendir. Setelah lawan dijatuhkan segera lakukan kuncian agar lawan tidak berkutik lagi.

Kuncian
Kuncian merupakan upaya untuk menguasai lawan dengan tangkapan sempurna sehingga lawan tidak berdaya lagi. Kuncian dapat dilakukan dengan cara menahan gerakan lawan atau mematikan gerakan lawan.

Tangkapan
Tangkapan adalah upaya pembelaan dengan menahan lengan/tungkai lawan untuk ncegah
berikutnya. Tangkapan dapat dilakukan dengan satu atau dua tangan.


Lepasan
Lepasan adalah upaya untuk melepaskan diri dari tangkapan lawan. Ada empat cara untuk mekan gerak lawan dengan lipatan lepaskan diri dari tangkapan lawan, yaitu:
lepasan dengan satu tangan (putaran, sentakan, serangan, tangkapan balasan);
a. lepasan dengan dua tangan (bantuan, serangan, bukaan);
b. lepasan dengan satu kaki;
c. lepasan dengan dua kaki.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Teknik Dasar Tangkisan dan Bentuk-bentuk Tangkisan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel