Teknik dalam Softball

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:

Teknik dalam Softball

Softball

Beberapa teknik dalam permainan softball sebagai berikut.

1. Teknik Melempar Bola
Teknik melempar bola, meliputi cara memegang bola dan melempar bola. Jenis melempar bola dalam permainan softball, meliputi
a. melempar lurus;
b. melempar samping
c. melempar bawah;
d. pitching sling shoot dan wind mill.

2. Teknik Menangkap Bola
Ada tiga teknik menangkap bola dalam permainan softball, yaitu berikut.
a. Teknik menangkap bola lambung (catch fly ball).
b. Teknik menangkap bola lurus (catch strike ball).
c. Teknik menangkap bola gulir (catch ground ball).

3. Teknik Dasar Memegang Stik
Tiga cara teknik dasar memegang stik dalam softball, yaitu berikut.
a. Pegangan panjang (bawah), yaitu tongkat/stick dipegang dekat bonggol (knob) untuk meningkatkan kekuatan pegangan dan menambah kekuatan pukulan.

b. Pegangan tengah, yaitu tongkat/stick dipegang yang posisi tangan
bawah 2,5 cm atau 5 cm dari bonggol (knob) untuk memperoleh kekuatan dan akurasi.

c. Pegangan atas, yaitu tongkat/stick dipegang yang posisi tangan bawah diletakkan 7,5 cm atau 10cm dari bonggol (knob) untuk mengurangi kekuatan dan untuk mendapatkan kontrol.

4. Teknik Memukul dalam Permainan Softball
Tujuan memukul adalah menyerang lawan agar memperoleh nilai untuk meraih kemenangan. Di samping itu, termasuk kerja batter untuk menyelamatkan diri dan membantu teman untuk meraih
fase berikutnya. Untuk melakukan pukulan terhadap bola, perlu memerhatikan beberapa prinsip seperti memegang bat, sikap kaki, posisi badan, gerakan kaki dan ayunan lengan, serta gerak lanjutan.

5. Teknik Dasar Sliding
Menahan gerak meluncur kaki dengan menjatuhkan badan guna menghindar dari upaya mentik pihak penjaga. al ini dilakukan agar selamat menyentuh base dengan kaki yang meluncur lurus.
Teknik gerakan dalam melakukan sliding sebagai berikut.

a. Setelah berlari dan mendekati base yang dituju, dengan cepat berat badan dipindahkan ke belakang, bersamaan salah satu kaki diayun ke depan.

b. Kaki yang lainnya ditekuk ke belakang.

c. Akhir gerakan sliding ini adalah kaki yang diluruskan menyentuh base dengan sikap badan seperti
duduk.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Teknik dalam Softball"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel