Teknik Dalam Permainan Tenis Meja

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:

Tehnik Dalam Permainan Tenis Meja

Tenis Meja

Pukulan dalam tenis meja dibagi menjadi beberapa macam di antaranya push stroke, drive stroke, topspin loop dan backspin stroke. Masing-masing jenis pukulan memiliki sifat yang berlainan, baik pada kekuatan pukulan, panjang pukulan maupun sentuhan bet dengan bola. Setiap pukulan terdiri atas berbagai gerakan yang terpadu menjadi satu. Ada tiga macam gerakan, yaitu gerakan pendek, sedang dan panjang. Panjang pendeknya pukulan tergantung dari jenis pukulan itu sendiri, tujuan yang ingin kita capai, dan zona tempat kita bermain. Pukulan tidak dapat ikuasai sekaligus secara sempurna, tetapi harus secara bertahap. Berikut teknik melakukan pukulan, belajar mengontrol gerakan tubuh dan bola, serta belajar menggerakkan tubuh dan memukul bola secara tepat dan konsisten.

a. Pukulan Stroke
Pukulan stroke merupakan pukulan yang paling sederhana dan mudah. Dengan pukulan ini kita dapat mengontrol bola dan mengembangkan ritme dan sentuhan bola. Pukulan ini merupakan pukulan yang dapat digunakan untuk menetralisasi pengembalian lawan dan dapat juga digunakan untuk menyerang.

b. Drive Stroke
Drive stroke adalah pukulan mendatar yang dapat dilakukan berkecepatan tinggi, dan dapat juga dimainkan dengan kecepatan rendah. Pukulan ini harus dilatih dari setiap bagian meja, yaitu kiri, tengah dan kanan. Berikut tujuan berlatih pukulan drive.
a. Mengembangkan daya kontrol gerakan tubuh dan bola.
b. Mengembangkan koordinasi semua gerakan tubuh secara ritmis.
c. Belajar bermain dengan cepat, sedang dan lambat.

c. Teknik-teknik Servis
Servis adalah salah satu teknik yang harus dikuasai dengan baik. Servis yang baik merupakan kesempatan pertama untuk menguasai permainan dan memegang inisiatif. Pergelangan tangan yang memegang peranan utama dalam servis. Servis adalah suatu gerakan yang memerlukan kecepatan. Pergelangan tanganlah yang mampu melakukan gerakan paling cepat. Dengan pergelangan tangan, kita dapat mengubah sudut bet waktu menyentuh bola.
Hal-hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan servis sebagai berikut.
a. Bersiap-siap dengan stance yang baik.
b. Mengamati dan mencoba membaca maksud lawan.
c. Memerhatikan posisi lawan.
d. Mencari kelemahan stance lawan (adakah yang kurang seimbang). Kalau memang begitu, arahkan
bola sedemikian rupa sehingga lawan mendapat kesulitan untuk mengembalikannya dengan baik.
e. Perhatikan cara lawan memegang bet, mungkin pegangannya kurang baik sehingga gerakannya
terbatas. Kalau memang begitu, arahkan bola sedemikian rupa sehingga lawan mendapat kesulitan mengembalikan bola.

Teknik servis dan menerima servis sama-sama memegang peranan penting pada permainan
tenis meja. Servis adalah kesempatan pertama untuk merebut angka. Demikian pula penerimaan servis sewaktu lawan melakukan servis. Mengembalikan servis lawan dengan baik merupakan hal yang sangat penting.
Hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengembalikan servis sebagai berikut.
a. Perhatikan gerakan servis lawan.
b. Perhatikan sudut bet lawan pada waktu mengadakan kontak dengan bola. Dengan mengetahui
besar sudut bet, kita akan mengetahui jenis spin yang akan kita terima.
c. Perhatikan laju bola ke arah kita dan cobalah mengetahui jenis servis apa yang dilakukan lawan.
d. Perhatikan, apakah lawan menipu kita dengan cara melihat situasi setelah bet menyentuh bola.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Teknik Dalam Permainan Tenis Meja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel