Sejarah Sumpah Pemuda

Assalamualaikum Wr.WbSalam SejahteraOk lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:

Sejarah Sumpah Pemuda

Sejarah Sumpah Pemuda

Pada bulan Oktober ada satu hari istimewa yang selalu kita peringati. Hari itu jatuh pada tanggal 28 Oktober. Apa yang kita peringati pada tanggal tersebut? Pada tanggal 28 Oktober kita
memperingati hari Sumpah Pemuda. Apa yang kalian ketahui mengenai Sumpah Pemuda?
Sumpah artinya janji. Pemuda adalah anak-anak bangsa. Jadi, Sumpah Pemuda adalah janji yang diucapkan oleh pemuda bangsa Indonesia. Peristiwa Sumpah Pemuda terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928.

Bagaimana terjadinya Sumpah Pemuda? Kita akan mempelajari proses terjadinya Sumpah Pemuda pada uraian berikut. Sekarang ini kita merasakan kemerdekaan. Kemerdekaan adalah kebebasan melakukan sesuatu tanpa tekanan, paksaan, dan larangan dari pihak lain. Namun, sebelum dapat menikmati kemerdekaan ini, bangsa Indonesia telah merasakan penderitaan di bawah penjajahan. Kita dlijajah Belanda selama 350 tahun dan Jepang selama 3,5 tahun. Bangsa asing yang datang ke Indonesia, seperti Belanda, Spanyol, serta Portugis awainya hanya berniat untuk berdagang dan mencari rempah-rempah. Nusantara memiliki banyak hasil bumi dan juga kaya akan rempah-rempah seperti cengkih, pala, dan lada. Melihat kondisi tersebut mereka berubah pikiran dan ingin menguasai bangsa Indonesia sepenuhnya.

Pada masa penjajahan rakyat sangat menderita.
Selain kelaparan, mereka juga dipaksa bekerja berat tanpa upah yang disebut kerja rodi. Bangsa Indonesia juga dilarangmenempuh pendidikan. Tujuannya adalah agar bangsa Indonesia tetap bodoh. Jika bangsa Indonesia bodoh, penjajah tetap dapat menguasai Indonesia. Sebaliknya, jika bangsa Indonesia pandai, pasti dapat melawan penjajah. Indonesia sebenarnya merupakan negara yang memiliki kekayaan alam melimpah. Akan tetapi, oleh karena kurangnya ilmu maka kita tidak bisa mengolahnya. Akibatnya, bangsa penjajahlah yang mengambil alih kekayaan alam Indonesia.

Kondisi yang memprihatinkan ini lama-lama mendorong bangsa Indonesia untuk bangkit dan melakukan perlawanan. Berbagai upaya yang dilakukan masih mengalami kegagalan karena sifatnya masih kedaerahan, yaitu bangsa Indonesia belum sepenuhnya bersatu.

Selain itu, Belanda juga menerapkan politik adu domba atau disebut devide et impera
Belanda mengadu domba rakyat Indonesia sehingga saling bermusuhan. Akibatnya
rakyat Indonesia menjadi terpecah belah dan tidak mampu mengalahkan penjajah.

Berbagai kegagalan tersebut memunculkan sebuah ide untuk membentuk suatu perkumpulan yang menjadi wadah perjuangan bangsa Indonesia. Melalui perkumpulan tersebut bangsa Indonesia semakin bersatu dan perlawanan terhadap penjajah semakin teratur.

Ada beberapa organisasi atau perkumpulan pemuda yang lahir pada masa pergerakan nasional. Pergerakan nasional yaitu masa yang diawali dengan didirikannya organisasi Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908. Organisasi-organisasi tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Trikoro Darmo (Jong Java)
Trikoro Darmo adalah perkumpulan anak-anak pelajar yang berdiri pada
tanggal 9 Maret 1915. Anggota perkumpulan ini adalah anak-anak pelajar dari
Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Madura yang ada di Jakarta.
Pada tahun 1918, Trikoro Damo berganti nama menjadi Jong Java. Setelah itu,
anggota perkumpulan ini terbuka bagi seluruh pemuda Jawa termasuk Jawa Barat.

2. Jong Sumatranen Bond
Jong Sumatranen Bond didirikan pada tanggal 9 Desember 1917 oleh para pemuda dari daerah Sumatra yang sedang belajar di Jakarta. Perkumpulan ini mempunyai tujuan yang sama dengan Trikoro Darmo, yaitu mengusir penjajah dari Indonesia.

3. Jong Minahasa
Jong Minahasa adalah perkumpulan para pemuda pelajar yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara. Perkumpulan ini didirikan pada tahun 1918 di Jakarta. Perkumpulan ini juga mempunyai cita-cita yang sama dengan perkumpulan sebelumnya, yaitu mengusir penjajah.

4. Jong Celebes
Celebes merupakan nama lain dari Pulau Sulawesi. Oleh karena itu, perkumpulan
ini beranggotakan para pemuda pelajar dari Sulawesi. Mereka semua adalah para
pemuda yang sedang menimba ilmu di Jakarta.

5. Jong Bataks
Jong Bataks adalah perkumpulan para pemuda dan pelajar dari daerah Sumatra Utara yang sedang belajar di Jakarta.

6. Jong Ambon
Jong Ambon adalah perkumpulan para pemuda dan pelajar yang berasal dari Ambon. Sama halnya dengan perkumpulan pemuda yang ain pemuda ini sedang menuntut ilmu di Jakarta.

Sebelum para pemuda ini bersati, mereka lemah dan mudah dikalahkan. Hal ini sesuaio dengan sebuah pribahasa, bersatu kita tegus bercerai kita runtuh. Apabila kita bersatu, kita menjadi lebih kuat dari pada kita terpecah-pecah.

0 Response to "Sejarah Sumpah Pemuda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel