Pengertian Permainan Bulu Tangkis

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:



Pengertian Permainan Bulu Tangkis

Permainan bulu tangkis merupakan permainan yang menggunakan sebuah raket dan shuttlecocks yang dipukul melewati net. Permainan ini dimainkan oleh putra dan putri dengan
bentuk permainannya sebagai berikut:
Tunggal putra (men's single)
Tunggal putri (women's single)
Ganda putra (men's double)
Ganda putri (women's double)
Ganda campuran (mixed double)
Tiap partai terdiri dari 3 set (best of three games). tetapi jika pemain menang berturut-turut 2 set maka set yang ketiga tidak dilanjutkan. Partai seperti ini biasa disebut menang langsung (straight set). Tetapi jika menang dengan skor 2 lawan 1, maka discbut menang dengan set panjang(rubber set). Tiap set terdiri dari 15 angka, kecuali untuk tunggal putri yang terdiri dari 11 angka. Pemain yang lebih dulu telah mencapai angka tersebut berarti sebagai pemenangnya.

Raket
Raket terbuat dari bahan yang kuat dan ringan, boleh terbuat dari kayu seluruhnya, kepala terbuat dari kayu dan batang dari logam, atau seluruhnya logam. Berat raket tidak boleh kurang dari 150 gram.
Jenis raket terdiri atas
- Raket yang berat bagian ke pala (untuk tipe permainan keras)
- Raket yang berat bagian pegangannya (untuk tipe permainan halus/main di depan net)
- Raket yang beratnya seimbang (untuk tipe permainan yang netral)

Senar
Jenis senar yang dipakai dalam raket bermacam-macam seperti:
- Senar yang terbuat dari usus binatang babi (lentingan baik sekali tetapi mudah putus)
- Senar yang terbuat dari senar nilon (lentingan baik dan sewaktu-waktu bisa putus)

Shuttlecocks (bola/kok)
Shuttlecocks atau kok permlu tangkis terdiridari bagian kepala dan bulu. Kepala terbuat dari gabus yang dibungkus dengan lapisan kulit yang tipis dan kuat, sedangkan bulunya dari bulu itik, angsa, atau bulu ayam.
Adapun ukuran kok sebgai berikut:
1. Panjang bulu kok : 60-70 mm
2. Diameter gabus    : 25-28 mm
3. Jumlah bulu         : 14-16 helai
4. Berat bola kok     : 4,73-5,50 gr
5. Garis tengah lingkaran bulu : 54 mm

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Pengertian Permainan Bulu Tangkis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel