Zaman Perundagian dan Kehidupannya

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.

Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Zaman Perundagian

Beberapa ciri kehidupan manusia purba pada masa perundagian adalah
a. Pada masa ini telah terbentuk kelompok-kelompok kerja dalam bidang pertukangan karena pada masa ini muncul golongan undagi, yaitu golongan yang pandai atau ahli dalam membuat alat-alat dari logam.

Zaman Perundagian dan Kehidupannya


b. Kegiatan bercocok tanam masih terus dilakukan dan dalam keanggotaan masyarakat muncul status yang didasarkan pada tingkat kekayaan.

c. Peralatan yang digunakan terbuat dari logam, terutama dar perunggu dan besi. Pembuatan alat dilakukan dengan teknik pengolahan legam sehingga terbentuk alat-alat dari logam, misalnya alat-alat upacara, senjata dan peralatan kerja. Selain itu, manusiajuga telah dapat membuat perhiasan dari emas dan perunggu. Hasil kebudayaan pada zaman perunggu,antara lain:

1) Nekara, merupakan genderang dari perunggu untuk upacara keagaan, yang banyak ditemukan di Pejeng dan babitra (Bali), Sumatra, dan Nusa Tenggara timur.

2) Kapak corong, atu juga dikenal dengan nama kapak sepatu yang dapat digunakan utuk memotong kayu, banyak ditemukan di Sumatra Selatan, Jawa, Bali , dan Sulawesi Selatan

3) Arca perunggu
4) Perhiasan dari perunggu
5) Senjata, misalnya mata tombak dan belati dari perunggu
6) Gerabah
d. Pada masa ini, kepercayaannya masih bersifat animisme dan dinamisme. Kepercayaan pada masa perundagian juga menempati posisi yang sangat penting terbutk dengan ditemkannya berbagai alat upacara dan bangunan-bangunan untuk upacara pemujaan. Berdasarkan penjelasan di atas. dapat disimpulkan bahwa masyarakat purba di Indonesia mempunyai karakteristik dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya.

1. Kehidupan Ekonomi
Masyarakat purba di Indonesia dalam kehidupan ekonominya mengalami proses perkembangan dari tingkat yang paling sederhana ke tingkat yang lebih maju. Pada mulanya hanya berburu dan meramu, kemudian berkembang ke bercocok tanam di ladag dan sawah, beternak, melakukan kegiatan perdagangan dan akhirnya berhasil membuat barang-barang dari logam besi dan perunggu pada masa perundagian

2. Kehidupan Sosial
Masyarakat purba yang pada mulanya hidup secara berpindah-pindah kemudian menetap telah mengeal kehidupan secara berkelompok dan dipimpin oleh seseorang yang dianggap mempunyai kelebihan.

3. Kehidupan Budaya
Masyarakat purba telah mempunyai dan menghasilkan kebudayan yang berilai tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan eberhailannya membuat alat-alat dari batu, tulang, tanduk dan logam. Masyarakat juga telah mempunyai kepercayaan yang bersifat animisme dan dinamisme. Selain itu, masyarakat purba juga telah mengenal dan memuat seni. antara lain seni lukis yang ditemukan pada dinding-dinding gua.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Zaman Perundagian dan Kehidupannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel