Zaman Berburu, Meramu Tingkat Lanjut dan Zaman Bercocok Tanam

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.

Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Zaman Berburu dan Meramu Tingkat Lanjut

Beberapa ciri kehidupan manusia purba pada masa berburu dan meramu tingkat lanjut adalah:
a. Manusia purba tinggai di gua-gua (abris sous roches) dan ada yang tinggal di daerah sekitar pantai yang terbukti dengan ditemukannya kjokkenmondinger di sepanjang pantai timur Sumatra.Pada masa ini manusia purba sudah mengenal kepercayaan, buktinya adalah mereka sudah mengubur mayat yag umumny berposisi jongkok yang disertai dengan bekal kubur. Kepercayaan mereka juga dilukiskan pada dinding gua yang menjaditempat tinggalnya. Bentuk lukisan tersebut adalah cap tangan yang ditemukan di gua Pattaen Sulawesi Selatan, iikisan babi rusa dan lukisan perahu yang ditemukan di seran dan Papua Barat.

b. Manusia masih bertempat tinggal secara berpindah-pindah yang dilakukan jika sumber makanannya berkurang.

c. Alat-alat yang dignakan pada masa ini masih berbentuk kasar yang terbuat dari batu, tulang dan tanduk yang lebih tajam dan runcing. Secara umum peralatan pada masa ini dibedakan menjadi dua, yaitu

1) Alat budaya kjokkenmondinger, misalnya kapak sumatra (pabble) yang digunakan untuk memotong, menggali, dan menguliti.

2) Alat budaya abris sous roches, yang ditemukan di gua-gua, misalnya serpih bilah dalam bentuk pisau dan gurdi dari batu yang ditemukan di Sulawesi Selatan, Flores, dan Timor. Selain itu juga ditemukan alat-alat dari tulang yang berupa belati, sudip, mata kail dan penusuk yang banyak ditemukan di Jawa Timur, Bali, dan Sulawesi Selatan.

Zaman Bercocok Tanam


Zaman Bercocok Tanam

Beberapa ciri kehidupan manusia purba pada masa bercocok tanam adalah:

a. Kehidupan manusia purba sudah mulai menetap dengan mendirikan rumah panggung. Kebutuhan hidupnya dipenuhi dengan cara bercocok tanam jadi sudah bersifat food producing. Manusia purba juga sudah melakukan kegiatan beternak dan mulai menguasai cara dan mengawetkan makanan secara sederhana. Masa bercocok tanam ini dikatakan sebagai revolusi kehidupan manusia purba karena pada masa ini telah terjadi perubahan besar dalam kehidupan manusia purba dari cara memenuhi kebutuhan dan tempat tingalnya.

b. Dalam kehidupannya, manusia purba sudah melakukan kerja sama dan gotong royong dan mereka hidup dalam kelompok yang dipimpin oleh seseorang yang dianggap mempunyai kelebihan.

c. Manusia sudah mengenal sistem kepercayaan, yaitu animisme (kepercayaan terhadap roh nenek moyang) dan dinamisme (kepercayaan terhadap benda-benda yang dianggap mempunyai kekuatan gaib). Sistem kepercayaan tersebut ditunjukkan melalui simboI-simbol gambar berwarna, dan bangunan-bagunan dari batu besar.d. Peralatan yang digunakan terbuat dari batu itu yang bentuknya sudah diasah secara halus, antara Iain:

1) Kapak persegi, yang digunakan untuk memotong kayu dan mengolah tanah yang ditemukan di Sulawesi Selatan, Bengkulu, LampungJawa Barat dan Bali.

2) Kapak lonjong, yang ditemukan di Sulawesi, Sangihe, Talaud, Maluku, Tanibar dan Irian barat

3) Mata panah, banyak ditemukan di Sulawesi Selatan, gua Sampung, dan Punung

4) Gurdi dan pisau, banyak ditemukan di Bogor, Jambi, Minahasa, dan Flores Barat

5) Perhiasan, banyak ditemukan di Jawa Barat (Cirebon, Bandung dan Tasikmalaya)

6) Gerabah, yaitu alat yang dibuat dari tanah liat. 

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.

Salam Sukses..!!

0 Response to "Zaman Berburu, Meramu Tingkat Lanjut dan Zaman Bercocok Tanam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel