Pengertian Tergugat, Tujuan Sumpah dan Sumpah Tergugat dan Syarat-syarat Bersumpah

Pengertian Tergugat

 Orang yang terkena gugatan dari penggugat disebut tergugat. Tergugat dapat membeli diri dengan membantah kebenaran gugatan dengan menunjukkan bukti bukti administrasi dan bahan-bahan yang meyakinkan, disamping melakukan sumpah. Rasulullah Saw bersabda:

البيّنة على المدّ عى واليمين على المدّعى عليه

Artinya : Orang yang mendakwa (penggugat) harus menunjukkan bukti dan terdakwa (tergugat) harus bersumpah (HR. Bukhari dan Muslim).

Jika tergugat tidak sanggup bersumpah maka penggugat yang bersumpah. Rasulullah Saw pernah mengembalikan sumpah kepada penggugat dalam rangka mencari kebenaran (Riwayat Baihaqi dan Daru Quthni).
 Dalam istilah peradilan Islam materi gugatan disebut hak, penggugat disebut mudda'i dan tergugat disebut mudda'a alaih keputusan memenuhi hak penggugat disebut Mahkumbih orang yang dikenai putusan untuk diambil haknya disebut mahkum alaih (bisa jatuh pada tergugat bisa juga jatuh pada penggugat).
Pada umumnya yang menjadi materi gugatan adalah hak manusia sematamata. Penggugatnya disebut mahkum-lah. Mahkum-lah ini harus melakukan gugatan sendiri atau melalui orang lain yang diberi kuasa. Sedangkan kalau, menyangkut hak Allah semata-mata yang menjadi mahkum Iahnya adalah syara' dan tuntutan atau gugatan datang dari lembaga penuntut umum bukan Derorangan.( DEPAG , hal 168).

Tujuan Sumpah dan Sumpah Tergugat

Dalam syariat Islam ada dua tujuan sumpah yaitu:
a. Menyatakan tekad untuk melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab terhadap tugas tersebut.
b. Membuktikan dengan sungguh-sungguh bahwa yang bersangkutan dupihak benar.
  Tujuan sumpah yang kedua inilah yang dilakukan dipengadilan. Sumpah tergugat adalah sumpah yang dilakukan oleh tergugat dalam rangka mempertahankan diri dari tuduhan penggugat disamping harus menunjukkan bukti-bukti tertulis dan bahan-bahan yang menyakinkan. .( DEPAG , hal 169).

Syarat-syarat Orang yang Bersumpah

Orang yangbersumpah harus memenuhi tiga syarat ialah :
a. Mukkalaf artinya orang yang sudah akiIbaligh.
b. Didorong oleh kemauan sendiri tanpa paksaan dari siapapun.
c. Disengaja bukan karena terlanjur dan lain sebagainya.

0 Response to "Pengertian Tergugat, Tujuan Sumpah dan Sumpah Tergugat dan Syarat-syarat Bersumpah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel