Pengertian Peradilan dan Fungsi Peradilan

Pengertian Peradilan

 Istilah peradilan diambil dari kata-kata qadha (Bahasa Arab) yang terjemahannya adalah memutuskan, memberi keputusan dan menyelesaikan.

Pengertian Peradilan dan Fungsi Peradilan

إِنَّ رَبَّكَ يَقْضِي بَيْنَهُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فِيمَا كَانُوا فِيهِ يَخْتَلِفُونَ

Artinya: Sesungguhnya Tuhan kamu akan memutuskan antara mereka di hari kiamat tentang apa yang mereka perselisihkan itu.

Supaya keputusan yang diambil itu adil maka penyelesaian keputusan ditangani oleh lembaga peradilan. Oleh karena itu hal-hal yang berhubungan dengan pencari keadilan, ditangani oleh lembaga peradilan. Peradilan menurut istilah ialah suatu lembaga pemerintah atau negara yang ditugaskan untuk menyelesaikan atau menetapkan keputusan atas setiap perkara dengan adil berdasarkan hukum yang berlaku. Sedangkan pengertian pengadilan adalah tempat untuk mengadili suatu perkara dan orang yang bertugas mengadili suatu perkara disebut qadli atau hakim. Keputusan yang diambil didasarkan pada hukum yang berlaku. Dengan demikian yang dijadikan dasar peradilan Islam adalah hukum Islam.( DEPAG : 2002. hal 150).


Fungsi Peradilan

Sebagai lembaga negara yang ditugasi untuk menyelesaikan dan memutuskan setiap perkara dengan adil, maka peradilan berfungsi untuk menciptakan ketertiban dan ketentraman masyarakat yang dibina melalui tegaknya hukum. Peradilan Islam bertujuan untuk menciptakan kemaslahatan umat dengan tetap tegaknya hukum Islam. Karena itu peradilan Islam mempunyai tugas pokok :
a. Mendamaikan kedua belah pihak yang bersengketa.
b. Menetapkan sangsi dan menerapkannya kepada para pelaku perbuatan yang melanggar hukum.( DEPAG , hal 151)

0 Response to "Pengertian Peradilan dan Fungsi Peradilan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel