Pengertian Minuman Keras, Had Minuman Keras dan Hikmah Had Minuman keras

Pengertian Minuman Keras, Had Minuman Keras dan Hikmah Had Minuman keras

1. Pengertian Minuman
  Keras Minuman keras adalah minuman yang memabukkan dan menghilangkar kesadaran dalam semua Jenisnya, Dalam bahasa Arab minuman keras ini disebu khamar spertl ditegaskan dalam hadits Nabi:

عن بن عمر قال: ولا اعلمه الاّ عن النبي ص.م قال: كلّ مسكر خمرٌ وكلّ خمر حرامٌ

Artinya : “Dari Umar ra, ia berkata : Saya tidak mau kecuali brasal dari Nabi Saw Beliau bersabda: “Tiap-tiap yang memabukkan disebut khamar dan tiap khamar hukumnya haram.(H.R. Muslim)

2. Hukum Minuman Keras
     Sudah menjadi ijma' ulama bahwa minuman keras (khar'nar) itu hukumnya haram, meminumnya termasuk salah satu dosa besar. Haramnya minuman keras ini didasarkan kepada dalil nash yang qath'i (pasti) yaitu ayat Al Quran dan Hadits Nabi:


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.


عن عبدالله بن عمر أنّ رسول الله ص.م قال: من شرب الخمر فى الدّ نيا شمّ لم يتب منها حرمها فى الآ جرة

Artinya: “Dari Abdullah bin Umar, Rasulullah saw bersabda : “Barang siapa yang minum khamar dan ia tidak bertaubat makaia tidak akan memperolehnya di akhirat.(H.R. Bukhari)

3. Had Minuman Keras
   Sebagaimana ulama telah ijma' bahwa minuman keras itu haram, mereka telah  sepakat wajib dikenakan had terhadap peminum minuman keras, baik sedikit maupun
 banyak. Adapaun bentuk dan alat had yang dikenakan terhadap peminum minuman keras adalah dipukul dengan sepotong kayu, dengan sendal, dengan sepatu, dengan tongkat, dengan tangan atau dengan yang lainya.
Dasar had minuman keras, hadist Rasul:

عن انس بن ما لك ر.ض انّ النبي ص.م اُتي برجل شرب الخمر فجلده بجر يد تين نحو اربعين

Artinya: “Dari anas bin Malik ra. Dihadapkan kepada Nabi saw , seseorang yang telah minum-minuman keras, kemudian menjilidnya (menderanya) dengan dua tangkai pelepah kurma kira-kira 40 kali.(Mutafaq alaiih)
Mengenai jumlah pukulan, ulama' berbeda pendapat. Jumhur ulama, diantaranya Imam Abu Hanifah, Imam Malik, dan Imam Ahmad bin Hambal berpendapat bahwa jumlah pukulah dalam had minuman keras adalah 80 kali. Mereka beralasan bahwa para sahabat setelah bermusyawarah menetapkan secara ijma', bahwa had minuman keras adalah 80 kali.

Imam syfi'i, Abu Daud dan ulama-ulama Zhahiriyah berpendapat bahwa minum khamar adalah 40 kali pukulan, tetapi Imam (Hakim) menambah sampai 80 kali. Tambahan 40 kali adalah ta’zir yang merupakan hak imam (penguasa)

4. Hikmah Diharamkannya Minuman Keras
Diharamkannya minuman keras banyak mengandung hikmah antara lain sebagai berikut.
a. Msyarakat terhindar dari kejahatan yang dilakukan seseorang yang diakibatkan pengaruh minuman keras. Peminum minuman keras yang sudah terbiasa, sangat sulit untuk menghentikan perbuatannya. Karena minuman keras merupakan biangnya racun dan induk segala kejahatan, maka kejahatan itu akan hilang jika kebiasaan minumnya berhenti.

b. Menjaga kesehatan jasmani dan rohani dari penyakit yang disebabkan pengaruh minuman keras. Minuman keras itu dapat merusak fisik/jasmani seperti perut busung dan dapat merusak mental lrohani seperti penyakit ingatan.

c. Masyarakat terhindar dari sikap kebencian dan permusuhan akibat pengaruh minuman keras. Sebagai akibat dan pengaruh minuman keras maka mental peminum menjadi labil, mudah tersinggung dan salah paham yang mengundang sikap benci dan permusuhan.

d. Menjaga hati agar tetap taqorrub kepada Allah dan mengerjakan shalat sehingga sealalu memperoleh cahaya hikmat. Minuman keras yang mengganggu kestabilan jasmani dan rohani menyebabkan hati seseorang bertambah jauh dari mengingat Allah, hati menjadi gelap dan keras sehingga mudah sekali berbuat apa yang menjadi larangan Allah.
Demikianlah dengan mengetahui beberapa pengaruh negatif dari minuman keras terhadap tubuh kita, maka yakinlah kita bahwa dilarangnya -mnuman keras mengandung hikmah yang nyata.(DEPAG, hal. 254-2261)

0 Response to "Pengertian Minuman Keras, Had Minuman Keras dan Hikmah Had Minuman keras"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel