Pengertian Khilafah

A. Pengertian Khilafah
    Islam adalah agama paripurna dan sempurna yang di dalamnya mengatur sistem politik dan pemerintahan. Dan pada bahasan bab ini kita akan mencoba menelisik bagimana sistem politik dan pemerintahan dalam Islam.
 Khilafah menurut bahasa artinya Pengganti, Duta, atau wakil dan kata khilafah ini sinonim dengan Imamah atau imarah yang ketiganya mempunyai arti pemerintahan atau kepemimpinan. Dari segi bahasa ketiga kata tersebut mengalami pergeseran arti menjadi pemerintahan, sehingga kata Khilafah, Imamah atau imarah adalah sebutan untuk lembaga poIitik yang mengatur pemerintahan. Sedangkan menurut istilah khilafah berarti struktur pemerintah yang pelaksanaannya diatur berdasarkan syariat Islam.
Adapun khalifah berarti pengganti Nabi Muhammad saw sebagai kepala negara dan pimpinan agama. Jadi ia menggantikan Nabi sebagai kepala pemerintahan dan pimpinan agama tetapi tidak menggantikan Muhammad Saw sebagai nabi karena posisi kenabian tidak dapat diganti oleh siapapun. Khilafah ini perlu diwujudkan oleh umat Islam untuk menciptakan persatuan dan kesatuan untuk memelihara ketertiban kehidupan bersama umat Islam. Hal ini sesuai dengan perintah Allah dalam QS. AlAn'am ayat 55:

وَكَذَٰلِكَ نُفَصِّلُ الْآيَاتِ وَلِتَسْتَبِينَ سَبِيلُ الْمُجْرِمِينَ

  artinya: Dan Demikianlah Kami terangkan ayat-ayat Al-Qur'an (supaya jelas jalan orang-orang yang saleh, dan supaya jelas (pula) jalan orang-orang yang berdosa.

Selanjutnya jika dilihat dari cakupan wilayahnya maka khilafah dapat dibagi menjadi dua bentuk yaitu :
a. khilafah yang berskala nasional yaitu khilafah yang berbentuk suatu negara yang memiliki wilayah tertentu dengan batas-batas tertentu pula serta memiliki wilayah tertentu dengan batas-batas tertentu pula serta memiliki kedaulatan yang utuh dan penuh. pada masa lalu yang termasuk kategori ini antara lain khilafah bani umayyah, bani abbasiyyah dan Iain-Iain. sedangkan dewasa ini dapat kita lihat sebagai khilafah antara lain Saudi arabia, Yordania, Palestina, Brunei darussalam dan lain-lain.

b. khilafah yang berskala internasional yaitu kekuasaan umat Islam sedunia yang tidak dibatasl oleh wilayah tertentu. Jadi di manapun terdapat umat lslam, maka disitulah terdapat area kekuasannya.( DEPAG, hal 102-103)

0 Response to " Pengertian Khilafah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel