Pengertian Jihad

Pengertian Jihad
Dalam bahasa Arab, lafal jihad berasal dari جهد-يجهدُ-جهدًا yang memiliki makna kekuatan dan upaya jerih payah. Sedangkan orang yang berjihad disebut mujahid. Menurut pemahaman dalam bahasa jihad bermakna mengeluarkan seluruh kekuatan dan kemampuan untuk membela diri dan melawan musuh. Sedangkan pengertian menurut istilah adalah perjuangan melawan orang-orang kafir yang menghalangi dakwah Islam sehinggategaknya agama Islam dapat terwujud. Jihad juga memiliki pengertian mengeluarkan segenap usaha dan kemampuan untuk menghadapi segala sesuatu yang berkaitan dengan kesulitan dan penderitaan dalam menjalani hidup.
    Jihad merupakan aktivitas yang berkaitan tidak hanya dengan. aktivitas perang secara fisik karena jihad juga bermakna sebagai upaya sungguh-sungguh yang dilakukan oleh seorang muslim dalam melawan kemunkaran. Jihad dapat dimulai dengan hal-hal yang paling kecil dari amala'n hati yang tidak menyukai dengan kejahatan. Hati akan merasa tidak rela dengan adanya kebatilan dan berharap kebatilan itu suatu saat akan hilang. Jihad selanjutnya adalah dengan lisan. Lisan yang didukung akal yang cerdas dapat memberikan argumentasi dan penjelasan tentang hakikat kebenaran ajaran agama Islam kepada semua orang. Dan jihad yang tertinggi adalah aktivitas perang fisik melawan orang-orang yang berusaha menghancurkan agama Islam dan pemeluknya sebagaimana telah dijalankan oleh Rasulullah Saw. dan para sahabatnya.
Dari sudut pandang terminologi, pengertian jihad berkisar pada tiga aspek yaitu:
a. Jihad secara umum yaitu segala kemampuan yang dikerahkan oleh manusia baik fikir maupun tindakan nyata untuk mencegah dari keburukan dan menegakkan kebenaran. Jihad secara umum dapat berupan aktivitas memperbaiki kehidupan masyarakat, bersunggung-sungguh serta ikhlas dalam beribadah dan bekerja, berusaha sekuat tenaga mengentaskan kebodohan dan kemiskinan.
b. Jihad secara khusus sebagai usaha mengerahkan segala upaya dengan sungguhsungguh disertai dengan pengorbanan dalam menyebarkan dan membela dakwah Islam.
c. Jihad yang terbatas pada perang (qital) untuk membela agama Allah dari musuh-Nya dari kalangan orang-orang kafir dan melindungi kegiatan dakwah yang harus disampaikan kepada seluruh manusia.

0 Response to "Pengertian Jihad"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel