Pelanggaran Sumpah

Pelanggaran Sumpah

Sumpah seseorang yang tidak ditepati disebut dengan pelanggaran sumpah. Bagi orang yang melanggar sumpah diwajibkan membayar kafarat atau denda. Adapun cara membayar kafarat sumpah dapat memilih salah satu dari tiga ketentuan berikut ini :
a) Memberikan makanan pokok kepada sepuluh orang miskin, dengan ukuran masing-masing orang mendapat liter.
b) Memberikan pakaian yang pantas kepada sepuluh orang miskin.
c) Memerdekakan seorang hamba sahaya. Jika orang yang melanggar sumpah masih juga tidak mampu membayar kafarat dengan salah satu cara di atas maka ia diwajibkan berpuasa selama tiga hari. Al Qur'an menielaskan sebagaimana ayat berikut ini:

فَكَفَّارَتُهُ إِطْعَامُ عَشَرَةِ مَسَاكِينَ مِنْ أَوْسَطِ مَا تُطْعِمُونَ أَهْلِيكُمْ أَوْ كِسْوَتُهُمْ أَوْ تَحْرِيرُ رَقَبَةٍ ۖ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ ۚ ذَٰلِكَ كَفَّارَةُ أَيْمَانِكُمْ إِذَا حَلَفْتُمْ ۚ وَاحْفَظُوا أَيْمَانَكُمْ ۚ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ


Artinya:  maka kaffarat (melanggar) sumpah itu, ialah memberi makan sepuluh orang miskin, yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu, atau memberi pakaian kepada mereka atau memerdekakan seorang budak. Barang siapa tidak sanggup melakukan yang demikian, maka kaffaratnya puasa selama tiga hari. Yang demikian itu adalah kaffarat sumpah-sumpahmu bila kamu bersumpah (dan kamu langgar). Dan jagalah sumpahmu. Demikianlah Allah menerangkan kepadamu hukum-hukum-Nya agar kamu bersyukur (kepada-Nya).

Syariat Islam itu selalu mengedepankan kepentingan manusia karena syariat itu diperuntukkan buat kemaslahatannya manusia itu sendiri. Contohnya seperti kasus pelanggaran sumpah, meskipun sebenarnya tanggungjawab manusia harus dipertaruhkan di hadapan Allah, namun adanya denda akibat melanggar sumpah itu tidak diperuntukkan buat Allah. Allah Maha Kaya dari semua denda itu. Persoalan penting dalam kaitannya dengan pelanggaran sumpah itu kemungkinan besar ada manusia yang dirugikan, oleh sebab itu untuk menebus kerugiannya diwajibkan membayar kafarat yang diberikan kepada orang-orang yang lemah sebab dalam memperoleh hak-haknya kelompok ini biasanya lebih tidak berdaya. Oleh Islam mereka diangkat supaya dapat juga merasakan kenikmatan dari anugerah Tuhan. (DEPAG, hal 169-170).

0 Response to "Pelanggaran Sumpah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel