Hikmah Peradilan

Hikmah Peradilan

Hikmah Peradilan
Add caption


Sesuai dengan furngsi dan tujuan peradilan sebagaimana dijelaskan diatas maka dengan adanya peradilan akan diperoleh hikmah yang sangat besar bagi kehidupan umatyaitu:
a. Terwujudnya suatu masyarakat yang bersih karena setiap orang terutama hak asasinya dapat dilindungi dan dipenuhi sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku. Hal, ini sejalan dengan Hadits Nabi Saw :

Artinya: dari Jabir ia berkata Saya mendengar Rasulullah Saw bersabda Bagaimana umat'dapat dinilai bersih sedangkan hukum (saja) tidak diberlakukan bagi orang-orang yang kuat dan hanya diberlakUkan bagi orang yang lemah diantara mereka (HR. Ibnu Hibban).

Demikian pula pada pasal 22 Undang-Undang Dasar 1945 dinyatakan sebagai berikut :
  1) Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam. hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.
  2) Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang Iayak bagi kemanusiaan.
b. Aparatur pemerintah yang bersih dan berwibawa dapat telwujud ditengahtengah masyarakat yang bersih. Dengan demikian pada gilirannya negara akan semakin kuat sejalan dengan tegaknya hukum.
c. Terwujudnya keadilan bagi seiuruh rakyat. Artinya hak-hak setiap orang dihargai dan tidak dianiaya. Allah SWT berfirman:

وَإِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ أَنْ تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِ

Artinya: (Allah menyuruhmu kamu) apabila kamu menetapkan hukum diantara manusia hendaklah kamu (menetapkan) hukum itu dengan adil (Al . Nisa’:58).

d. Dengan masyarakat yang bersih, pemerintah yang bersih dan berwibawa serta tegaknya keadilan maka akan terwujud ketenteraman, kedamaian dan keamanan dalam masyarakat.
e. Dapat mewujudkan suasana yang mendorong untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT bagi semua pihak Allah SWT berfirman:

اعْدِلُوا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَىٰ

Artinya: berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa.

0 Response to "Hikmah Peradilan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel