Cara Memeriksa Terdakwa dan Terdakwa yang Tidak Hadir di Persidangan

Cara Memeriksa Terdakwa dan Terdakwa yang Tidak Hadir di Persidangan

Pemeriksaan terhadap terdakwa dimulai dengan memberikan kesempatan pada penggugat untuk menyampaikan semua tuduhan dan kepada terdakwa dipersilahkan untuk mendengarkan semua tuduhan dengan baik sampai selesai sehingga terdakwa dapat menilai benar atau salahnya tuduhan tersebut.
  Sebelum tuduhan selesai hakim dilarang untuk bertanya kepada terdakwa karena dikhawatirkan akan dapat mempengaruhi secara positif maupun negatif -terhadap pendakwa atau penggugat. Pendakwa harus menunjukkan bukti-bukti yang nyata dan benar untuk memperkuat dakwaannya dan apabila terdakwa menolak maka ia harus bersumpah bahwa tuduhannya itu salah.
Kalau pendakwa menunjukkan bukti-bukti yang nyata dan benar maka hakim harus memutuskan sesuai dengan tuduhan meskipun terdakwa menolaknya. Akan tetapi kalau tidak ada bukti-bukti yang benar hakim harus menerima sumpah terdakwa dan membenarkan terdakwa.
   Bagi terdakwa yang tidak hadir dipersidangan perlu terlebih dahulu dice kebenarannya. Diperbolehkan untuk mendakwa mayat yang tidak ada ahli warisnya dan anak yang tidak ada walinya. Menurut Abu Hanifah dibolehkan untuk: mendakwa orang yang tidak ada atau tidak hadirdalam persidangan. Allah berfirman:

فَاحْكُمْ بَيْنَ النَّاسِ بِالْحَقِّ

Artinya: maka berilah keputusan (perkara) di antara manusia dengan adil


Nabi Muhammad Saw memberi keputusan terhadap pengaduan istri abu sufyan sedangkan ia tidak hadir dalam persidangan kemudian Rasulullah memutuskan perkaranya. Hal ini dijelaskan dalam sabda beliau:

خدى ما يكفيك

Artinya: ambilah yang menukupinya (HR. Bukhari dan Muslim)

Islam tidak mengenali monopoli dalam segala bentuknya meskipun pada keluarga sendiri apalagi merupakan tindakan yang dapat menimbulkan instabilitas kehidupan.

0 Response to "Cara Memeriksa Terdakwa dan Terdakwa yang Tidak Hadir di Persidangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel