Tahap-tahap Penelitian Sejarah

Sejarah sebagai peristiwa masa lampau yang patut diwariskan oleh generasi penerus bangsa, banyak makan aynga terkansdung didalam sejarah yang telah kami sampai diartikel sebelumnya yaitu manfaat sejarah. Maka dari itu sepatunya sejarah dikenalkan kepada generasi yang akan datang.
 Sebelum mewariskan sejarah kita patut mengetahui tahap-tahap penelitian sejarah yang dilakukan oleh sajarawan, diamtaranya sebagai berikut:

1. Pencarian Informasi Sejarah
     Sejarah sebagai suatu yang telah terjadi dimasa lampau dalam lingkup kehidupan manusia yang telah meninggalkan goresan-goresan yang mewarnai kehidupan manusia. Goresan-goresan tersebut akan meninggalkan dampak negatif maupun positif yang dapat pelajaran dimasa sekarang ini.
 Informasi sejarah awalnya dikenalkan melalui cerita secara turun temurun sampai sekarang ini. Oleh sebab itu informasi yang diceritakan sulit utuk untuk dibuktikan kebenaranya secara ilmiah, tetapi pihak masyarakat sering mempercayai bahwa cerita tersebut benar adanya. Karaena cerita tersebut memiliki erat kaitanya dengan peninggalan dimasa lampau yang ,asih ada sampai sekarang.

2. Pengumpulan Sumber-Sumber Sejarah
     Sejarah sebagai peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau tidaklah mungkin dapat diketahui begitu saja tanpa adanya sumber-sumber sejarah yang mendukungnya. Walaupun terkadang sumber-sumber sejarah yangn berhasil ditemukan tidak utuh atau tidak lengkap seperti yang diharapkan, tetapi para Sajarawan mencoba memberikan analisi agar mendekati keadaan seperti pada masa terjadinya suatu peristiwa tersebut. Pengumpulan sumber-sumber sejarah dapt dilakukan melalui lisan, peninggalan dan rekaman.

0 Response to "Tahap-tahap Penelitian Sejarah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel