Sumber dan Fakta Sejarah

 Sumber sejarah merupakan jejak-jejak masa lampau yang menghasilkan informasi sedangkan fakta sejarah kebenaran dari sejarah yang diceritakan. Kedudukan seumber sejarah menjadi sangat penting untuk mengetahui kabar kehidupan masyarakat pada masa lampau. Untuk merekondasikan kehidupan masa lamapau, maka sajarawan mengadakan penelitian sejarah.
 Adapaun bentuk sejarah menurut sajarawan antara lain sebagai berikut:

1. Berdasarkan Bentuk

    Berdajarkan bentuknya sejarah dibedakan menjadi tiga:

 a. Sumber Lisan
     Keterangan kangsung dari para pelaku atau saksi dari peristiwa yang terjadi di masa lampau, atau dari orang-orang yang menrima keterangan itu secara lisan dari orang lain.
   Misalnya veteran mantan tentara kemerdekaan yang masih hidup, beliau menceritakan kronologis peristiwa yang sesungguhnya kepada khalayak umum. Adapun sumber lisan yang dikembang dimasyarakat antara lain cerita rakyat yang diturunkan secara turun temurun.

 b. Sumber Tertulis
      Sumber sejarah yang diperoleh melalui peninggalan tertilis yang mencatat peristiwa yang terjadi di masa lamapau. Misalnya prasasti, kronik, babad, hikyat, surat-surat, laporan, notula, piagam, naskah, arsip/dokumen, surat kabar. Namun peninggalan secar tertulis terkadang tidak dapat memberikan informasi secara rinci karena tidak semua peninggalan dapat dibaca.

 c. Sumber Benda (artefak)
      Sumber yang diperoleh dari peninggalan benda-benda kebudayaan. Misalnya Alat-alat tau benda budaya (kapak, gerabah, perhiasan, manik-manik), fosil, senjata, perhiasan, prasasti, dan bangunan.

2. Berdasarkan Urutan Penyampaian

     Berdasarkan Urutan Penyampaian dibedakan sebagi berikut:

a. Sumber Primer (sumber pertama)
     Informasi yang disampaikan oleh pihak yang terdekat dengan peristiwa sejarah. Misalnya, wawancara terhadap pelaku sejarah, hasil investigasi polisi, berita, laporan pemerintah.
   Sumber primer biasanya diartikan peninggaln sejarah yang benar-benar terdapat dizaman sejarahnya.

 b. Sumber Sekunder
      Sumber sekunder merupakan simber yang dihasilkan dari pihak ketiga yang mengetahui cerita terdekat dari peristiwa sejrah yang akan dikaji. Misalnya, cerita dari sajarawan yang bersumber dari buku sejarah, paper, maupun artikel surat kabar,, laporan penelitian, dan terjemah kitab-kitab kuno.

 c. Sumber Sejarah
      Sumber yang berasal dari informasi yang disampaikan oleh pihak ketiga atau lebih. Sumber tersier ini dapat berupa buku-buku sejarah yang yang disusun berdasarkan laporan penelitian para ahli sejarah, tanpa melakukan penelitian sendiri.

0 Response to "Sumber dan Fakta Sejarah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel