Sebab-Sebab Perubahan Sosial

1. Faktor Intern

   a. Betembahnya dan Berkurangnya Jumlah Penduduk
     Bertambahnya penduduk yang sangat cepat, menyebabkan terjadinya perubahan dalam struktur masyarakat, terutama yang menyangkut lembaga-lembaga kemasyarakatan. Pertambahan penduduk menyebabkan perubahan sosial. Hal itu bisa disebabkan oleh adanya kelahiran dan kematian, namun juga bisa karena adanya perpindahan penduduk, baik transmigrasi maupun urbanisasi.

  b. Penemuan-Penemuan Baru (Inovation)
      Berbagai penemuan baru diciptakan oleh manusia untuk membantu atau memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Adanya penemuan baru dapat menyebabkan terjadinya perubahan. Proses penemuan baru disebut inovasi. Penemuan baru sebagai sebab terjadinya perubahan-perubahan dibedakan menjadi dua, yaitu discovery dan invention. Discovery adalah suatu penemuan unsur kebudayaan baru oleh individu atau kelompok dalam suatu masyarakat sedangkan Invention adalah bentuk pengembangan dari suatu discovery, sehingga penemuan baru itu mendapatkan bentuk yang dapat diterapkan atau difungsikan.

  c. Konflik
      Walaupun konflik bersifat disosiatif atau memecah belah hubungan dalam masyarakat, konflik pasti akan diiringi oleh proses akomodasi yang justru dapat menguatkan ikatan sosial.

  d. Pemberontakan atau Revolusi
      Pemborantakan biasanya terjadi karena ketidak puasan masyarakat terhadap sesuatu hal namun lebih menonjol kepemerintahan. Situasi dan kondisi ini memunculkan revolusi sebagai wujud dari pemberontakan. Adanya revolusi akan membawa perubahan-perubahan besar dalam tubuh masyarakat.

2. Faktor Ekstern


a. Lingkungan Alam Fisik yang Ada di Sekitar Manusia
    Perubahan ini biasanya terjadi karena adanya bencana alam yang mengaharuskan penduduk setempat harus meninggalkan tempatnya dan menempati tempat tinggal baru, mau tidak mau masyarakat harus menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru.

b. Peperangan
    Dapat menyebabkan terjadinya perubahan yang sangat mendasar, baik seluruh wujud budaya (sistem budaya, sistem sosial, dan unsur-unsur budaya fisik) maupun seluruh unsur budaya (sistem pengetahuan, teknologi, ekonomi, bahasa, kesenian, sistem religi, dan kemasyarakatan).

    Faktor pendorong terjadinya perubahan sosial budaya, yaitu kontak dengan kebudayaan masyarakat lain, sistem pendidikan, dan ilmu pengetahuan yang maju, sistem lapisan masyarakat yang berbeda, penduduk yang heterogen, dan ketidak puasan manusia.
    Faktor Penghambat terjadinya perubahan sosial budaya adalah kurangnya hubungan dengan masyarakat luar, perkembangan ilmu pengetahuan yang melambat, sikap masyarakat yang tradisional, adanya kepentingan peribadi masyarakat dan prasangka terhadap hal-hal baru.

Saluran-Saluran Perubahan Sosial
   PErubahan sosial dapat terjadi karena adanya saluran-saluran yang dapat dilewatu oleh suatu proses perubahan dalam masyarakat. Saluran-saluran tersebut pada umumnya berupa lembaga kemasyarakatan dalam bidang pemerintahan, ekonomi, pendidikan, agama, rekreasi, DLL.


0 Response to "Sebab-Sebab Perubahan Sosial"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel